Datang Paling Awal di TPS, Sultan Berharap Pilkada Kota Yogyakarta Berjalan Aman

RABU, 15 FEBRUARI 2017

YOGYAKARTA — Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X ,menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada Kota Yogyakarta di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09, Kampung Ndalem Cokronegaran, Magangan, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Rabu (15/02/2017), pagi. 

Sri Sultan HB X saat menggunakan hak pilihnya.

Sultan hadir dengan berjalan kaki ke TPS bersama istri atau permaisurinya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, serta dua putrinya, yakni GKR Condrokirono yang merupakan putri kedua, dan GKR Hayu, putri keempat. Termasuk menantunya KPH Purbodiningrat, yang merupakan suami putri ketiganya, GKR Maduretno.

Seperti sebelumnya Raja Yogyakarta ini melakukan pencoblosan dengan nomor urut 1. Kemudian, disusul GKR Hemas, serta para putri dan menantunya.  Sultan berharap, seluruh masyarakat Kota Yogyakarta maupun Kulonprogo dapat menggunakan hak pilihnya dan tidak golput. Ia juga berharap, dalam Pilkada kali ini tidak terjadi hal-hal yang dapat mencederai pesta demokrasi, seperti praktek money politic dan kecurangan atau pelanggaran lainnya. “Kita harapkan jangan ada golput dan hal-hal yang dapat meresahkan masyarakat ,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TPS 09, Herdy Krisworo, mengatakan, terdapat 589 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdiri dari 304 warga berjenis kelamin perempuan, dan 285 warga laki-laki yang memiliki hak pilih di TPS 09. Panitia menyiapkan Surat Suara sebanyak 604 lembar, yakni dengan tambahan 2,5 persen dari total jumlah DPT.  “Ngarso Dalem (Sultan –red) dalam DPT tercatat di Nomor Urut 292,” katanya.

Pilkada Kota Yogyakarta diikuti 2 Pasangan Calon, yakni Nomor Urut 1, Imam Priyono-Achmad Fadli, dan Nomor Urut 2, Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi.

Jurnalis: Jatmika H Kusmargana/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Jatmika H Kusmargana

Komentar