Defisit, Banggar Pangkas Anggaran HUT Kota Balikpapan

SELASA, 7 FEBRUARI 2017

BALIKPAPAN — Badan Anggaran DPRD dan Pemerintah Kota tahun memangkas anggaran perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Balikpapan ke 120 tahun. Dampaknya, perayaan akan dilaksanakan dengan sederhana, dan dipusatkan di Kecamatan. Adapun HUT kota sendiri akan berlangsung pada 10 Februari mendatang.

Anggota Badan Anggaran, Syukri Wahid

Anggota Badan Anggaran, Syukri Wahid menjelaskan, anggaran yang dipangkas itu komponen yang tidak penting atau dikurangi. Seperti ucapan HUT dan pemberian bingkisan HUT Kota.

“Dengan adanya pemangkasan anggaran pastinya perayaan juga dilaksanakan sederhana. Perayaan yang ada di kecamatan itu bagus karena perayaan untuk rakyat kembali untuk rakyat dan di momen HUT kota,” ucapnya di Balikpapan, Selasa (7/2/2017).

Ia menilai, apabila menggunakan APBD karena itu uang rakyat dan pesta itu kembalikan ke rakyat monggo silahkan saja, karena kita sekarang lagi defisit, mungkin komponen yang tidak terlalu penting seperti pemberian bingkisan dan ucapan HUT kota dihilangkan.

Meski demikian, pihaknya tidak tahu persis besaran dana APBD yang dialokasikan untuk HUT kota. Pembahasan itu muncul di Kabag pemerintahan, di bagian Kesbangpol kemudian ada di bagian umum dan disatukan semua.

“Saya kurang tahu besaran anggarannya. Tapi tahun lalu anggaran HUT Kota mencapai Rp 2 miliar,” tandas Syukri yang juga Ketua Komisi I DPRD Balikpapan.

Ia mengharapkan Pemerintah Kota Balikpapan memberdayakan pihak swasta melalui dana CSR untuk perayaan HUT Kota, sehingga tidak terus-terusan menjadi beban APBD. Mengingat kondisi APBD defisit.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti

Komentar