Diduga Karena Listrik Tidak Stabil, Perangkat Elektronik Warga Banyak Rusak

1.065

MINGGU, 12 FEBRUARI 2017

LAMPUNG — Diduga karena tidak stabilnya tegangan listrik di wilayah Dusun Trans Ketapang dan Trans Banyuwangi Desa Bangunrejo Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan berdampak pada sejumlah perangkat elektronik milik warga setempat. 

Reparasi barang elektronik yang diduga rusak karena listrik tidak stabil

Sapriadi (33) salah satu warga Dusun Trans Ketapang Kecamatan Ketapang menyebutkan, perangkat elektronik yang mengalami masalah diantaranya central processing unit (CPU) komputer hingga televisi. Tidak hanya itu, mesin pompa air dan alak penanak nasi elektrik (rice cooker) juga ikut terkena imbasnya.

“Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak satu tahun terakhir,”sebutnya kepada Cendana News, Minggu (12/2/2017).

Permasalahan pada beberapa alat elektronik di wilayah tersebut dominan terjadi sekitar pukul 18:00 WIB hingga pukul 23:00 WIB. Antisipasinya, warga sebagian besar tidak menggunakan alat elektronik berlebihan pada malam hari.

Sapriadi warga Trans Ketapang yang mengalami permasalahan pada komputer miliknya akibat tegangan listrik menurun

Sapriadi menyebutkan, warga pernah meminta penambahan daya akibat gardu listrik yang terbatas dan telah diusulkan ke pihak ranting Kecamatan Ketapang namun hingga kini belum mendapat tanggapan. Ia bahkan menyebutkan, gardu yang ada di simpang lima Ketapang pernah meledak dan mengalami kerusakan dan diperbaiki.

“Pernah diperbaiki dengan trafo baru pada gardu di simpang Ketapang tapi sejak setahun terakhir tegangan kembali turun dan berimbas bagi kebutuhan listrik warga di sini,”terang Sapriadi.

Keluhan terkait tegangan listrik yang turun tersebut juga pernah dialami oleh warga Desa Berundung Kecamatan Ketapang yang hingga kini kerap mengalami pemadaman listrik tanpa pemberitahuan. Bahkan saat Cendana News berada di desa tersebut sejak pukul 11:00 WIB hingga pukul 13:30 WIB belum menyala.

Sementara itu, Erwinsyah (34), reparasi komputer dan alat alat elektronik mengaku di wilayah tersebut juga pernah mengalami penurunan tegangan listrik yang berimbas alat alat elektronik mengalami kerusakan. Setelah usulan dari warga oleh petugas akhirnya diberi tambahan gardu yang dipergunakan oleh warga yang membutuhkan listrik.

Pada kerusakan CPU yang sedang diperbaikinya dilakukan perbaikan pada power supply agar komputer yang dimiliki Sapriadi bisa digunakan kembali. Erwinsyah sebagai ahli reparasi alat elektronik bahkan mengungkapkan sebagian alat elektronik yang direparasinya mengalami kerusakan akibat dampak turunnya tegangan listrik.

“Tegangan listrik yang turun dan arus tidak stabil berimbas pada kerusakan baterai pada laptop sehingga merusak laptop yang banyak dibawa ke sini”tutup Erwinsyah.

Dalam ia bahkan pernaha menerima dalam sehari menerima sekitar 5 laptop perhari untuk direparasi dari warga di wilayah Ketapang bahkan hingga dari wilayah Kecamatan Jabung Lampung Timur.

Jurnalis : Henk Widi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi

Baca Juga
Lihat juga...