Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,02 Persen Sepanjang 2016

167
SENIN 6 FEBRUARI 2017

JAKARTA—Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat dalam laporannya menyebutkan bahwa secara keseluruhan pertumbuhan perekonomian Indonesia sepanjang tahun 2016 tercatat sebesar 5,02 Persen.
Sementara itu pertumbuhan perekonomian Indonesia sepanjang 2016 relatif  lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia sepanjang tahun 2015 yaitu tercatat sebesar 4,88 %.
Demikian menurut keterangan secara resmi yang disampaikan Suhariyanto, Kepala BPS Pusat pada saat menggelar jumpa pers terkait dengan perkembangan pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang digelar setiap tiga bulan sekali atau Triwulan di Kantor BPS, Jalan Dr. Soetomo, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin pagi (6/2/2017).
“Secara keseluruhan pertumbuhan perekonomian di Indonesia sepanjang 2016 tercatat sebesar 5,02 persen, jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan perkembangan perekonomian di Indonesia sepanjang 2014 yaitu sebesar 4,88 persen,” kata Suhariyanto, Kepala BPS Pusat saat jumpa pers di Kantor BPS Pusat Jakarta, Senin (6/2/2017).
Secara umum kondisi perekonomian global (dunia) di sepanjang kuartal IV tahun 2016 tampak terlihat cenderung menunjukkan peningkatan yang merata hampir di seluruh negara-negara di dunia, termasuk tentunya negara Indonesia.
Sementara itu, ekspor Indonesia ke beberapa negara yang selama ini memang menjadi langganan tujuan utama ekspor Indonesia cenderung mengalami peningkatan. Di antaranya ke negara Amerika Serikat, Tiongkok dan Jepang.
Suhariyanto (kiri) Kepala BPS Pusat saat jumpa pers.
Jurnalis: Eko Suletyono/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Eko Sulestyono
Baca Juga
Lihat juga...