Hama Puso, Serang Tanaman Padi di Kota Mataram

122
SENIN, 6 FEBRUARI 2017

MATARAM — Hama penyakit puso mulai serang tanaman padi petani di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mulai daun sampai batang padi yang masih belum berbuah jadi menguning dan tampak seperti terbakar.

 Tanaman padi petani di Karang Pule, Kota Mataram, tampak menguning akibat diserang hama penyakit puso.

Salim, petani di Kelurahan Karang Pule, Kota Mataram, mengatakan, penyakit puso yang menyerang sebagian tanaman padi petani di Kota Mataram telah berlangsung semenjak satu minggu terakhir.

“Sudah sekitar satu mingguan lebih hama penyakit puso serang sebagian tanaman padi petani di Kota Mataram. Daun dan batang pun menguning, telihat seperti terbakar,” tutur Salim kepada Cendana News, Senin (6/2/2017).

Dijelaskan Salim, meski penyemprotan obat pestisida telah dilakukan sampai beberapa kali, tapi tidak ada perubahan pada tanaman padi dan tetap menguning.

Karena memang diakuinya, hama penyakit puso dan wereng termasuk jenis hama penyakit yang susah diberantas pada tanaman padi. Sampai sekarang belum ada obatnya.

“Tanaman padi, kalau sudah terserang hama penyakit puso dan wereng, susah bisa diobati. Tanaman padi biasanya akan mengalami kerusakan,” katanya.

Kalaupun sebagian di antara setiap batang padi ada yang berbuah, kebanyakan berupa kulit kosong. Sementara yang berisi hanya sedikit sehingga hasil panen misalnya dari sawah ditimbang bisa mencapai satu ton. Setelah diserang hama penyakit puso, paling hanya mendapatkan tiga sampai empat kuintal.

Jurnalis: Turmuzi / Editor: Satmoko / Foto: Turmuzi

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.