Hujan dan Angin Kencang, Masyarakat NTB Diminta Waspada

146

KAMIS, 2 FEBRUARI 2017

MATARAM — Hujan yang berlangsung dan mengguyur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Selasa 31 Januari 2017 sampai sekarang disertai angin kencang membuat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) NTB mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk selalu waspada.

Cuaca dan arah angin yang ada di Pulau Lombok.

“Pasalnya curah hujan yang turun secara terus-menerus disertai angin kencang, dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya bencana banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang,” kata prakirawan BMKG Bandara Internasional Lombok (BIL), Joko Raharjo, melalui siaran persnya, Kamis (2/2/2017).

Ia menjelaskan berdasarkan pantauan BMKG, pusat tekanan yang makin intens di wilayah selatan Bali-Nusra berdampak pada peningkatan curah hujan di wilayah NTB. Khususnya dengan diiringi oleh kondisi angin yang bergerak dari arah barat yang selalu menjadi identik dengan kondisi musim hujan di NTB. Pertumbuhan awan konvektif di selatan NTB dengan suhu di awan berkisar antara 80 sampai dengan 100 derajat celsius.

“Kondisi tersebut akan berdampak pada peningkatan curah hujan di wilayah NTB akhir-akhir ini yang diperkirakan akan berlangsung sampai bulan Februari ini,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Cendana News, hujan disertai awan mendung gelap dan angin kencang dari Selasa 31 Januari hingga berita ini diturunkan masih melingkupi sebagian besar langit NTB, terutama di Pulau Lombok.

Jurnalis: Turmuzi / Editor: Satmoko / Foto: Humas BMKG BIL NTB

Baca Juga
Lihat juga...