Jadikan HPN Momen Bersihkan Berita Hoax

61
JUMAT, 10 FEBRUARI 2017
 

SOLO — Memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017, puluhan awak media dan sejumlah komunitas pemuda di Sukoharjo menggelar aksi sosialisasi stop berita bohong alias hoax. Tidak hanya itu,  aksi yang digelar di simpang The Park Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah itu sebagai momentum untuk bersih-bersih berita hoax.

Aksi teatrikal para tokoh super hero sedang bersih-bersih.

Aksi memeriahkan HPN ini menarik perhatian pengguna jalan, karena melibatkan sejumlah tokoh super hero, seperti Batman, Robin Hood, Gatotkaca dan lainnya. Uniknya, sejumlah tokoh super hero itu beraksi dengan menyapu menggunakan sapu lidi. Aksi teaterikal itu menggambarkan aksi bersih-bersih berita hoax bersamaan dengan HPN. 

“Kita sengaja gelar aksi bersihkan berita hoax ini untuk memberikan ungkapan agar kita tidak disesatkan dengan berita bohong. Saya kira akhir-akhir ini banyak sekali berita hoax yang sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat,” papar Koordintor Aksi, Agus Widanarko, Jumat siang (10/2/2017).

Menurut Agus, melalui momentum HPN ini, diharapkan menjadi sebuah dorongan tersendiri bagi insan pers untuk senantiasa memberikan informasi yang benar, tanpa berita hoax. Aksi bersih-bersih berita hoax ini sebelumnya juga telah digelar serupa di Sukoharjo untuk memeriahkan HPN.

“Kita juga libatkan komunitas Publik Relation (PR) dari berbagai pelaku bisnis di Sukoharjo. Ini bertujuan agar kerjasama dengan insan pers yang terjalin selama ini semakin erat dan dapat memberikan kontribusi yang positif,” lanjut dia.

Sementara itu, Frias Orlando selaku manager Double Decker, mewakili sejumlah pebisnis di kawasan Solo Baru mengaku, mendukung insan pers bebas dari berita hoax.  Dengan semangat HPN, diharapkan pers ke depan semakin lebih baik dan dapat menyuarakan hak-hak rakyat sebagai salah satu penyangga pilar demokrasi.

Aksi simpatik dukung kebebasan pers dan tolak berita hoax.

“Kami sangat berterima kasih pada rekan media yang sudah bekerjasama dengan baik, sekaligus mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2017,” pungkasnya.

Jurnalis: Harun Alrosid / Editor: Satmoko / Foto:  Harun Alrosid

Lihat juga...

Isi komentar yuk