Jaga Kualitas Makanan, DKK Balikpapan Intens Pantau Kantin Sekolah

85

SENIN, 13 FEBRUARI 2017

BALIKPAPAN — Guna selalu menjaga kebersihan dan kualitas makanan yang disajikan ke siswa sekolah, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan intens melakukan pemantauan ke sejumlah kantin sekolah, melibatkan tim dari Puskesmas di daerah sekitar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Balerina

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Balerina JPP, mengatakan, pemantauan ke kantin-kantin sekolah ini dilakukan minimal 1 bulan atau maksimal 3 bulan sekali. Pemantauan itu dilihat dari bagaimana penyajiannya dan tempat pembuatan makanan.  “Ya, tentu saja kita lihat bagaimana penyajian makanannya dan tempat memasaknya. Makanan yang disajikan anak sekolah juga sehat,” katanya saat ditemui Senin, (13/2/2017).

Ia mengatakan, sanitasi lingkungan baik itu kebersihan makanan dan minuman sehat selalu diperhatikan. Seperti cara penyajian makanan harus tertutup, agar tak ada apapun, untuk mencegah penyakit datang.  “Semua diberlakukan sama untuk kantin sekolah, seperti minyak goreng yang tidak boleh digunakan berulang-ulang, juga diberitahu kepada pengelola kantin,” bebernya.

Balerina mengaku, ada temuan, namun sudah diberikan peringatan, bila sudah diberikan peringatan pihak kantin langsung memperbaikinya. “Sejauh ini kalau sudah diperingatkan, selalu diperbaiki oleh kantin. Kalau masih bandel, ya dilaporkan ke Kepala Sekolah. Tapi, belum ada yang bandel,” sebutnya.

Terpisah, orangtua siswa SD Kartika V-III, Tyo mengatakan, selama satu pekan ini siswa membawa gelas dan tempat makan sendiri, agar saat membeli makan dan minum sekolah menggunakan tempat makan dan gelas yang dibawa. “Anjuran pihak sekolah membawa tempat makan dan gelas sangat bagus, agar siswa memperoleh makanan dan minuman yang bersih. Setiap hari kami juga membawakan bekal sekolah dari rumah, agar makanan yang bawa lebih terpantau,” ujarnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ferry Cahyanti

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.