Kabel Listrik Halangi Jalan, Ancam Keselamatan Pengendara

24

JUMAT, 10 FEBRUARI 2017

MAUMERE — Angin kencang yang melanda Kabupaten Sikka termasuk Kota Maumere, Selasa (7/2/2017) menyebabkan jaringan kabel listrik milik PT PLN banyak yang putus dan jatuh ke tanah sehingga mengancam keselamatan pengendara yang melintas.

Meski sudah diberi peringatan dan diberi palang, pengendara motor tetap nekad melintas di bawah jaringan kabel listrik.

Selama dua hari sejak terjadinya angin kencang, kabel listrik di Jalan Raja Centis dan Don Thomas jatuh ke tanah dan menutupi jalan. Warga pun menutup ruas jalan dengan bambu dan kayu serta ranting pohon dan menuliskan di tripleks “Bahaya, Kabel Listrik Aktif” serta menggantungnya di kabel listrik untuk memperingakan pengendara yang melintas.

“Sudah tiga hari sejak kejadian angin kencang petugas PLN belum datang dan melakukan perbaikan sehingga warga berinisiatif menutup jalan agar pengendara tidak mengalami kecelakaan,” ujar Sesilia Sona.

Kepada Cendana News yang menemuinya di sekitar Jalan Raja Centis, Sesilia menyebutkan, kabel listrik ini terjatuh ke tanah saat angin kencang, namun warga berinisiatif menopangnya dengan kayu agar pengendara motor bisa melintas ke arah selatan.

General Manager PLN Area Flores Bagian Timur, Arif  Rohmatin, saat dihubungi Cendana News mengakui hal ini dan mengatakan pihaknya sedang mengerahkan petugas untuk mengecek jaringan kabel listrik yang jatuh ke tanah dan terputus.

“Kami akan lakukan perbaikan secepatnya apalagi jaringan listrik sudah kembali berfungsi lagi sehingga tidak mengganggu pengendara yang melintas di sekitar jalan tersebut,” ujarnya.

Arif menambahkan, petugas PLN juga sedang melakukan perbaikan jaringan kabel listrik di Kecamatan Nita, Bola, Kewapante, Paga, Mego dan Tanawawo yang putus tertindih pohon yang tumbang.

“Petugas kami terus berusaha maksimal sehingga aliran listrik ke beberapa kecamatan yang sudah dua hari ini padam bisa segera normal kembali,” ungkapnya.

Pantauan Cendana News, Jumat (10/2/2017) saat melintas di jalan ini, meski sudah diberi peringatan, pengendara sepeda motor masih saja nekat melintas di sisi jalan bagian barat walau ketinggian kabel hanya berada sejengkal di atas kepala pengendara motor.

Kabel listrik yang hampir menyentuh tanah di Jalan Don Thomas Maumere.

Sementara itu, kabel listrik di Jalan Don Thomas terlihat hampir jatuh mengenai tanah dan hanya berada sekitar 50 sentimeter dari trotoar sehingga menyebabkan pejalan kaki tidak berani melintas dan lebih memilih berjalan di trotoar di sebelah jalan yang satunya.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto: Ebed de Rosary

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.