Kapolda Sulut Apresiasi Pilkada di Dua Kabupaten Berjalan Lancar

125

RABU, 15 FEBRUARI 2017

MANADO — Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Kapolda Sulut), Irjen Pol Bambang Waskito, memberikan apresiasi kepada masyarakat dan aparat keamanan serta penyelenggara Pilkada di Sulut yang bisa menjaga stabilitas daerah sehingga pelaksanaan Pilkada bisa berjalan aman dan lancar. Terutama di dua Kabupaten di Sulut yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito.

Menurut Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito, melalui Kabid Humas Kombos Pol Ibrahim Tompo, selama pelaksaan pemungutan suara tidak ada gangguan Kamtibmas yang bergejolak sehingga pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar. Kepolisian memberikan apresiasi kepada masyarakat terutama pada aparat keamanan TNI-POLRI yang sudah bekerja dengan maksimal.

“Dari hasil pemantauan selama berlangsungnya tahapan Pilkada sejak masa tenang hingga pemungutan suara, dengan pengamanan yang dilaksanakan oleh Polri dan TNI serta dukungan unsur masyarakat, tidak ditemukan adanya gejolak yang mengganggu berjalannya Pilkada maupun aktivitas masyarakat. Situasi umum Sulawesi Utara maupun daerah yang melaksanakan Pilkada sangat kondusif dan aman,” kata Kabid Humas Kombos Pol Ibrahim Tompo, mengutip statemen Kapolda, Rabu (15/2/2017) di Manado.

Sementara itu, dari laporan yang diterima Cendana News hingga pukul 22.00 WITA, berdasarkan hitungan cepat atau Quick Count di dua kabupaten yang melaksanakan Pilkada, untuk Kabupaten Bolmong Pasangan Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanni Tuuk yang diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Amanat Nasional (PAN) sementara unggul dari pasangannya Salihi Mokodongan dan Jefri Tumelap yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Golkar. Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, pasangan Jabes Ghagana dan Helmud Hontong yang diusung Partai Golkar dan Hanura sementara unggul dari pasangan HRM Makagansa dan Fransiscus Silangen yang diusung oleh PDI Perjuangan.

Selain itu, Pilkada di Kabupaten Kepulauan Sangihe sempat mengalami penundaan akibat terkendala cuaca buruk, pemungutan suara ulang akan dilaksanakan pada kamis (16/2/2017) besok di sembilan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di Kecamatan Nusa Tabukan.

“Besok kami pastikan pemungutan suara ulang di 9 TPS di Kecamatan Nusa Tabukan, kita berharap semua berjalan dengan aman dan lancar,” kata Ketua KPUD Sangihe Elsye Sinadia pada Cendana News, saat dihubungi melalui ponselnya sekitar pukul 22.45 WITA, Selasa (15/2/2017).

Jurnalis: Ishak Kusrant / Editor: Satmoko / Foto: Ishak Kusrant

Baca Juga
Lihat juga...