banner lebaran

Kaya Rempah, Warung Coto Gagak Hadirkan Kekhasan Makassar

76

SABTU, 18 FEBRUARI 2017

MAKASSAR — Memberikan cita rasa kuat dan membuat pelanggan untuk selalu kembali menjadi salah satu prioritas bagi H. Jamaludin(60) dan istrinya dalam mengelolah warung soto gagak yang terletak di jalan Gagak Kecamatan Mariso, Kota Makassar.

Warung Coto Gagak

“Saya selalu menggunakan bahan yang segar seperti jeruk, lombok, dan juga daun bawang untuk mempertahankan kealamian dan kualitas bumbu-bumbunya, membuat aroma dan cita rasanya selalu diburu para penikmat coto,”sebut H.Jamaludin kepada Cendana News di sela kesibukannya melayani pengunjung.

Warung coto gagakseakan tidak pernah sepi dari pengunjung. Meski di hari libur sekalipun. Seperti disaat Cendana News berkunjung ke warung coto ini, Sabtu (18/2/2017). Tampak rombongan wisatawan dari Jawa yang sedang menikmati coto kuliner khas makassar ini. Makanan yang kaya akan rempah ini.

Disebutkan. sejak berdiri pada tahun 1970, ia selalu menggunakan rempah-rempah pilihan yang kualitasnya bagus. Rempah yang digunakan seperti serai, lengkuas, jintan, jahe, daun salam, dan juga kayu manis.

Daging dan jeroan sapi ini pun dimasak sangatlah empuk, perpaduan antara daging dan kuah coto yang wangi rempah-rempah benar-benar memajakan lidah yang memakannya. Cara masaknya pun juga masih menggunakan kayu bakar sehingga membuat daging sapi dan jeroannya menjadi empuk. Untuk seporsi coto dikenakan Rp20.000 rupiah.

“Coto ini rasanya memang sangat enak, walaupun baru sekali ini memakannya rasanya sangat pas di lidah,” sebut salah satu peserta rombongan tersebut.

H, Jamaludin dan Istri

Selain menjual coto, warung ini, juga menjual kuliner khas Makassar lainya, seperti sop saudara, konro, dan juga makanan laut lainnya. Tetapi yang paling diserbu oleh para pembeli adalah cotonya yang wangi akan rempah.

Selain pada cita rasa yang tetap dipertahankan turun temurun ini. Warung coto gagak ini juga baik dalam hal pelayanan. Saat ini H.Jamaludin Dg Nasa selain dibantu dengan istrinya juga dibantu oleh 50 orang karyawannya.

Warung Coto Gagak dibuka dari pukul 07.00 pagi untuk warung besarnya dan tutup pada pukul 20.00 malam. Sedang kan untuk warung kecil yang terletak di warung di seberang warung besar buka selama 24 jam.

Jadi jika anda yang datang berkujung ke kota makassar. Tidaklah lengkap rasanya jika tidak menikmati kuliner yang satu ini.

Jurnalis : Nurul Rahmatuun Ummah / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Nurul Rahmatuun Ummah

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.