Kemenkes RI, Perbantukan Puluhan Dokter di Wilayah Pinggiran NTB

KAMIS, 16 FEBRUARI 2017

MATARAM — Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan dan pinggiran di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kementerian Kesehatan RI memperbantukan puluhan dokter dari berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Puluhan dokter dari berbagai perguruan tinggi Indonesia siap diperbantukan guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat pinggiran di NTB.

Penyerahan puluhan dokter kepada Pemprov NTB tersebut diberikan Kementerian Kesehatan melalui Program Intensif Dokter Indonesia (PIDI) di Hotel Grand Legi Mataram, Kamis (16/2/2017). “Ada lima puluh enam dokter umum yang hari ini kita serahkan untuk diperbantukan di Puskesmas daerah pedesaan dan pinggiran NTB, dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat,” kata Wakil Ketua PIDI Kemenkes RI, Wawang Sukarya.

Wawang menjelaskan, puluhan dokter tersebut nantinya akan diperbantukan dan ditugaskan melayani kesehatan masyarakat selama 1 tahun. Puluhan dokter umum yang diperbantukan akan ditugaskan di 3 Kabupaten NTB, antara lain, Kabupaten Dompu, Sumbawa dan Lombok Utara. “Ketiga Kabupaten itu dipilih, karena termasuk Kabupaten yang masih mengalami kekurangan tenaga medis kesehatan bagi masyarakat pedesaan dan pedalaman,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wawang berharap, melalui program PIDI Kemenkes RI ini, masyarakat akan bisa terbantu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Sementara kepada dokter yang rata-rata sebagian merupakan mahasiswa kedokteran semester akhir, diharapkan bisa melaksanakan tugas yang diberikan, dan sebaik mungkin memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Jurnalis: Turmuzi / Editor: Koko Triarko / Foto: Turmuzi

Komentar