Keunikan Kedai Kopi Drive Thru Zainal Abidin Lampung

960

SABTU, 11 FEBRUARI 2017

LAMPUNG — Sebuah rumah panggung terbuat dari kayu beratapkan genteng, menjadi tempat bernaung Zainal Abidin (51) bersama isteri dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Berbagai jenis tanaman kopi menghiasi kebun yang sekaligus menjadi halaman. Mulai kopi arabica, kopi robusta hingga ratusan batang kopi cokelat atau kakao terlihat menambah keasrian tempat kediaman pasangan suami istri tersebut.

Hidangan kopi telah disiapkan zainal untuk pengunjung

Zainal Abidin menerangkan, tinggal di kebun, lengkap dengan tanaman kopi memiliki sensasi tersendiri. Setiap hari dapat menghirup udara segar dan tentunya aroma bunga kopi, terutama saat musimnya, bulan April hingga Mei dan masa panen raya pada Juli hingga Agustus.

Dirincikan, tanaman kopi cokelat atau kakao yang dimiliki sekitar 150 batang yang tersebar di beberapa bagian kebun. Maksmil dalam dua sekali, buat tersebut dipanen dan dijemur hingga kering. Setelah kering, disimpan dalam plastik kedap udara untuk dijual saat harga membaik. Dimana saat ini harga per kilonya hanya Rp22.000,- hingga Rp23.000.

Zainal diantara pohon kopi arabica, robusta dan kopi cokelat yang ada di kebun

Hal berbeda dilakukan pada biji kopi arabica dan robusta, ia langsung melakukan pengolahan. Biji kopi kering dan telah disortir, disimpan menggunakan wadah khusus untuk diolah menjadi biji kopi sangrai saat permintaan bubuk kopi meningkat, terutama menjelang liburan.

“Kalau kopi cokelat saya jual ke pengepul karena saya tidak bisa mengolahnya dan membutuhkan alat khusus untuk menjadikannya bubuk, sementara untuk kopi arabica dan robusta saya jemur, disangrai dan diolah menjadi kopi bubuk dengan alat yang saya miliki,”terang Zainal Abidin yang ditemui Cendana News, Sabtu (11/2/2017).

Kopi robusta yang telah disangrai

Berlokasi di Jalan Lintas Sumatera KM 56 Desa Rawi Sawung Kuring Kecamatan Penengahan, tepatnya di pusat penjualan oleh oleh kopi Lampung atau drive thru, Zainal memberikan beberapa pilihan untuk pelanggan, diantaranya, menikmati kebun sambil menyeruput hangatnya kopi hingga kopi siap seduh yang dapat dinikmati nanti oleh pembeli yang hanya sekedar singgah untuk berbelanja dengan harga Rp15.000 per bungkus dengan ukuran 150 gram.

Keunikan Kedai Kopi Drive Thru Oleh-oleh Lampung

Salah satu keunikan yang ditawarkan kepada pengunjung terletak pada rasa kopi yang khas tanpa adanya campuran berbagai bahan lain. Selain itu, konsep silaturahmi kopi gratis yang diminum langsung di tempat menjadikan cara untuk menunjukkan keramahan suku Lampung.

Lokasi istirahat sekaligus tempat minum kopi secara gratis

“Kunci dari rejeki adalah silaturahmi, buat saya kopi menjadi sarana untuk bersilaturahmi jadi kalau ada yang hanya ngopi dan duduk bersama saya saya sudah senang karena saya hanya tinggal berdua dengan isteri saya dan jauh dari anak dan cucu,”ungkap Zainal Abidin.

Selain dapat meminum kopi gratis, saung tempat beristirahat, di tempat ini juga disediakan bibit kopi cokelat serta kopi arabica yang ditanamnya dalam polybag. Tidak hanya sampai disana, anak-anak yang diajak keluarganya juga bisa kenal dengan tanaman kopi, tata cara perawatan, memetik langsung kopi hingga melihat hama tanaman kopi, seperti bajing.

Kopi seduh, bubuk kopi serta bijih kopi sangrai buatan Zainal Abidin

Biasanya, pengunjung yang sudah mampir sekali, rata-rata akan kembali ke kedai kopi miliknya. Salah satu pelanggan setianya, Sapta (36) yang kerap melakukan perjalanan dari Kalianda ke Bakauheni dan sebaliknya kerap mampir untuk menghilangkan rasa kantuk atau beristirahat dengan segelas kopi buatan Zainal.

“Di sini anginya semilir terutama saat musim bunga kopi saya mampir ke sini untuk istirahat dan tidur di saung yang disediakan, istirahat secukupnya sambil memulihkan tenaga dan minum kopi setelah tenaga pulih saya melanjutkan perjalanan, sampai pak Zainal hapal kalau saya mampir ke sini untuk ngopi dan beristirahat di saung,”sebut Sapta.

Jurnalis : Henk Widi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi

Baca Juga
Lihat juga...