KPK Diminta Bantuannya Telusuri Rekam Jejak Calon Dewan Kehormatan OJK

KAMIS, 9 FEBRUARI 2017

JAKARTA — Hari ini Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kedatangan 3 orang tamu penting pejabat negara, masing-masing adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Dermawan Wintarto Martowardojo.

Dari kiri ke kanan: Agus Rahardja, Sri Mulyani Indrawati, Darmin Nasution dan Agus Dermawan Wintarto Martowardojo saat jumpa pers.

Berdasarkan pantauan Cendana News langsung dari Gedung Baru KPK, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, ketiga pejabat negara tersebut tiba pada sekitar pukul 15.00 WIB. Kedatangan ketiganya langsung disambut Ketua KPK Agus Rahardja. Tak lama kemudian mereka menggelar acara jumpa pers di Ruang Konferensi Pers di dalam Gedung KPK Jakarta.

Tujuan dan maksud kedatangan ketiga pejabat tinggi negara tersebut salah satunya adalah untuk meminta bantuan kepada KPK terkait dengan penelusuran rekam jejak atau track record 107 Calon Anggota Dewan Kehormatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masa jabatan periode 2017 hingga 2022 mendatang.

“Kedatangan saya bersama Pak Darmin Nasution, Pak Agus Martowardojo beserta anggota OJK lainnya adalah meminta masukan dan pertimbangan dari KPK terkait dengan rekam jejak atau track record serta catatan penting lainnya terkait dengan latar belakang dari 107 nama-nama Calon Anggota Dewan Kehormatan OJK masa jabatan 2017 hingga 2022 mendatang,” ujar Sri Mulyani Indrawati sebagai Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Calon Anggota Dewan Kehormatan OJK kepada wartawan di Gedung Baru KPK Jakarta, Kamis sore (9/2/2017).

Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, bahwa hari ini Pansel Pemilihan Calon Anggota Dewan Kehormatan OJK telah menyerahkan sebanyak 107 nama calon Dewan Kehormatan OJK kepada Pimpinan KPK. 107 Calon Dewan Kehormatan OJK tersebut sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi administrasi sebagai salah satu syarat utama atau proses formal.

Semua posisi-posisi strategis tersebut porsinya bisa dikatakan sudah cukup merata, nanti dari 107 calon pada akhirnya hanya akan dipilih 7 orang saja. Masing-masing di antaranya untuk Ketua, Wakil Ketua, Anggota, kemudian Pengawasan Bidang Perbankan, Pengawasan Bidang Pasar Modal, Pengawasan Bidang Jasa Keuangan Non Bank dan yang terakhir adalah Perlindungan Konsumen.

Proses penjaringan Calon Anggota Dewan Kehormatan OJK tersebut akan berlangsung hingga 24 Februari 2017 sampai pukul 12.00 WIB. Demikian pernyataan resmi yang disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat jumpa pers bersama Ketua KPK Agus Rahardja, Mekoperekonomian Darmin Nasution dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Dermawan Wintarto Martowardojo di Gedung Baru KPK Jakarta.

Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor: Satmoko / Foto: Eko Sulestyono

Komentar