KPU DIY: Partisipasi Pemilih Pilkada Lampaui Target

176

KAMIS, 16 FEBRUARI 2017

YOGYAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta mengklaim, tingkat partisipasi masyarakat Yogyakarta untuk menggunakan suara dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Yogyakarta tahun 2017 kali ini melampaui target yang ditetapkan. 

Sri Surani.

Komisioner KPU Kota Yogyakarta, Sri Surani, menyebut, berdasarkan pantauan data rekapitulasi sementara baik di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), kelurahan maupun kecamatan, tingkat partisipasi masyarakat Kota Yogyakarta mencapai lebih dari 70 persen. Atau lebih tinggi dari target yang ditetapkan KPU yakni 67,5 persen.

“Patut kita syukuri, tingkat partisipasi masyarakat Yogyakarta dalam proses pemilihan kepala daerah kali ini cukup tinggi. Berdasarkan pantauan kita mencapai 70 persen lebih. Ini lebih tinggi dari target kita yang hanya 67,5 persen,” katanya, Kamis (16/02/2017).

Dalam Pilkada Kota Yogyakarta tahun 2017 ini tercatat, ada sebanyak 298.989 pemilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Terdiri dari sebanyak 143.307 pemilih laki-laki dan 155.682 pemilih perempuan. Seluruhnya tersebar di sebanyak 794 TPS di 14 kecamatan Kota Yogyakarta.

Sebelum pelaksanaan Pilkada Yogyakarta digelar, memang sempat muncul kekhawatiran akan rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan suara dalam Pemilhan Wali Kota Yogyakarta periode 2017-2022. Hal ini tidak terlepas dari faktor kondisi masyarakat Yogyakarta maupun faktor pasangan calon yang ikut dalam proses pemilihan kepala daerah di Yogyakarta itu sendiri.

“Memang dari hasil riset yang kita lakukan, tingkat partisipasi pemilih di kota-kota besar termasuk Yogyakarta cukup memprihatinkan. Karena itu kita tidak menetapkan target terlalu tinggi. Namun saya kira, cukup tingginya tingkat partisipasi masyarakat Yogyakarta dalam Pilwali kali ini merupakan sebuah hal postif, yang merupakan hasil kerja semua pihak,” katanya.

Jurnalis: Jatmika H Kusmargana / Editor: Satmoko / Foto: Jatmika H Kusmargana

Baca Juga
Lihat juga...