Lewat Edu Expo, Universitas Mercu Buana Rangkul Mahasiswa Baru

158

KAMIS, 2 FEBRUARI 2017

JAKARTA — Jelang penerimaan mahasiswa baru, berbagai perguruan tinggi mulai sibuk mempersiapkan menyambut para calon mahasiswa dari berbagai sekolah di Jakarta. Salah satunya dengan mengikuti Pameran EDU EXPO di Jakarta Convention Centre, Senayan.

Para pelajar antusias mengunjungi stan Universitas Mercu Buana.

Universitas Mercu Buana yang setiap tahunnya selalu ikut serta dalam pameran Edu Expo sudah menyiapkan beberapa strategi untuk merangkul siswa-siswi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk bergabung menjadi bagian di Universitas Mercu Buana.

Direktur Marketing Universitas Mercu Buana, Dr. Mukti Ali, menjelaskan, bahwa jumlah peminat calon mahasiswa yang mendaftarkan ke Universitas Mercu Buana dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Perubahan kenaikan calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di Universitas Mercu Buana juga diimbangi dengan memberikan kualitas yang mumpuni untuk kemajuan mahasiswa. Tujuan setiap tahunnya mengikuti pameran Edu Expo di antaranya memperkenalkan Universitas Mercu Buana ke calon mahasiswa baru serta bertujuan memiliki database calon mahasiswa baru yang mengunjungi stand Universitas Mercu Buana.

Menurutnya lagi, dalam mengikuti pameran Edu Expo ini, pihak Universitas Mercu Buana selalu memiliki target yang harus terpenuhi dalam merangkul atau menarik minat calon mahasiswa baru agar bergabung di Universitas Mercu Buana. Apa yang ditargetkan setiap tahunnya juga selalu mengalami kenaikan yang sebelumnya 2700 pendaftar, naik menjadi 4600 di tahun lalu. Untuk tahun ini, diharapkan akan mengalami kenaikan yang cukup tinggi melihat antusias pengunjung yang datang ke stan Universitas Mercu Buana bahkan di hari pertama pembukaan acara pameran Edu Expo ini.

“Benar, setiap tahunnya mengalami kenaikan sebesar 40%. Kenaikan itu juga diimbangi karena Universitas Mercu Buana mendapatkan predikat unggulan atau akreditasi A yang diberikan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT),” jelasnya, Kamis (2/2/2017).

Tidak hanya mendapatkan pengakuan BAN PT yang membuktikan Universitas Mercu Buana berkualitas, sarana dan prasarana yang diberikan Universitas Mercu Buana untuk calon mahasiswa baru serta peran dari dosen pengajar yang berkualitas juga menjadikan Universitas Mercu Buana salah satu dari 60 universitas yang mendapatkan akreditasi A.

Siswa-siswi SMA antusias menyimak informasi kiprah Universitas Mercu Buana dalam dunia pendidikan.

Tidak hanya itu, Universitas Mercu Buana yang memiliki 6 fakultas, 23 program studi, 5 program pascasarjana, dan 1 program doktor manajemen ini juga membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur online. Mekanisme pendaftaran dengan jalur online ini bertujuan memberikan kemudahan untuk calon mahasiswa baru agar tidak bersusah payah atau pun repot datang ke kampus.

Adanya pendaftaran melalui jalur online juga memberikan kesempatan calon mahasiswa baru dari negara lain untuk mendaftar di Universitas Mercu Buana. Dikatakan lagi, walaupun dengan adanya jalur online, pendaftaran secara offline tetap dilakukan di Universitas Mercu Buana secara terus-menerus seperti tahun tahun sebelumnya.

“Baru 39 calon mahasiswa baru yang berasal dari luar negeri yang sudah tercatat mendaftarkan dirinya untuk kuliah di Universitas Mercu Buana. Mayoritas berasal dari Malaysia dan sebagian dari negara lain. Adanya pembuktian predikat unggulan yang disandang Universitas Mercu Buana, sudah pasti menjadi pertimbangan mahasiswa luar negeri jadi berminat untuk kuliah di Universitas Mercu Buana,” katanya lagi.

Strategi lain dari Universitas Mercu Buana dalam merangkul calon mahasiswa baru di antaranya juga dengan memiliki beberapa metode pengajaran yang berbeda dengan kampus lain. Para mahasiswa Universitas Mercu Buana nantinya akan mendapatkan program magang selama 6 bulan di perusahaan-perusahaan ternama yang sudah menjadi mitra. Para mahasiswa tersebut dituntut untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah mereka pelajari di dunia kerja. Strategi ini merupakan bentuk upaya mendekatkan dunia industri dengan dunia pendidikan sehingga menumbuhkan pengetahuan praktis di kalangan mahasiswa.

Suasana kemeriahan Edu Expo.

“Strategi ini juga diberikan kepada calon mahasiswa baru dari luar negeri. Mereka akan melakukan hal serupa dengan mahasiswa lokal asal Indonesia,” katanya lagi.

Jurnalis: M. Fahrizal / Editor: Satmoko / Foto: M. Fahrizal

Baca Juga
Lihat juga...