Malang Bebas Sampah Gelar Aksi Resik Resek Sungai Cereg

196
MINGGU, 5 FEBRUARI 2017

MALANG — Dalam rangka mendukung Indonesia bebas sampah 2020, Malang bebas sampah mengadakan resik resek kali di sepanjang sungai Cereg. Puluhan orang dari berbagai komunitas peduli lingkungan juga turut ikut membersihkan sampah di sungai yang  berada di Desa Kemantren, Kecamata Jabung, Kabupaten Malang tersebut.
Wisnu  Aditya (depan baju merah) bersama tim
“Sebenarnya kegiatan resik kali merupakan salah satu rangkaian acara dalam menyongsong peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang rutin diperingati setiap tanggal 21 Februari mendatang,” jelas koordinator acara, Wisnu  Aditya kepada Cendana News, Minggu (5/2/2017).
Untuk aksi resik sampah hari ini dilakukan sepanjang 1 Km di aliran sungai Cereg dan berhasil mengumpulkan sekitar 12-13 sak sampah. Tidak hanya dari berbagai komunitas, aksi tersebut juga dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Malang untuk mengangkut sampah-sampah yang telah dikumpulkan untuk kemudian dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Lebih lanjut Wisnu menyampaikan, usai melakukan kegiatan resik sungai, Malang bebas sampah juga menggelar workshop pengolahan sampah untuk dibuat tas dan pembuatan topeng dari bubur kertas di Balai desa Kemantren.
“Kami semua Ingin dari gerakan ini nantinya ada keberlanjutan dan kesadaran dari masyarakat sendiri karena sebenarnya masalah sampah di daerah Jabung sudah sangat darurat sekali. Seperti dapat dilihat di pintu masuk kecamatan Jabung di daerah Sukolilo, disana banyak ditemui orang membuang sampah dengan seenaknya tanpa memikirkan akibatnya,” ucapnya. 
Resik resik kali
Oleh karena itu Wisnu menghimbau agar masyarakat lebih peduli lagi tehadap sampah karena semakin sering mereka mengabaikan  sampah maka sampah akan semakin menumpuk dan akan berdampak negatif pada anak cucu kita kedepannya. 
“Kami berharap target Indonesia bebas sampah tahun 2020 bisa benar-benar tercapai karena kami siap berperan dan ingin bergerak untuk itu,” pungkasnya.

Jurnalis : Agus Nurchaliq / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Agus Nurchaliq

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.