Masyarakat Diminta Turut Jaga Kelestarian Lingkungan

114

SELASA, 7 FEBRUARI 2017

LOMBOK — Menjaga kelestarian dan keseimbangan alam serta lingkungan, peran serta dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan. Suatu hal mustahil kelestarian alam dan lingkungan bisa terjaga dengan baik, tanpa peran serta masyarakat, khususnya masyarakat sekitar kawasan hutan.

Ketua TP.PKK NTB, Erica saat menyerahkan bantuan bibit kepada warga Desa Sesaot Lombok Barat NTB

Permintaan tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Nusa Tenggara Barat (NTB), Erica saat memberikan bantuan 1.000 bibit pohon bagi masyarakat Desa Sesaot, Kabupaten Lombok Barat, Selasa (7/2/2017).

“Kelestarian lingkungan dan alam bukan tanggung jawab pemerintah, tapi merupakan tanggung jawab kita semua masyarakat NTB, tanpa pengecualian,” kata Erica.

Dijelaskan, dengan menanam pohon, warga secara langsung telah mengambil peran serta ikut menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar.

Memastikan kelestarian alam dari ancaman pembalakan liar, perambahan dan kekeringan dengan ikut menanam pohon, benar – benar harus dipastikan bisa dilakukan untuk diwariskan dan menjadi masa depan anak cucu di masa yang akan datang.

“Desa Sesaot diharapkan dapat menjadi pendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta alam sekitar,”sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain menetapkan Desa Sesaot Lombok Barat sebagai desa percontohan menjaga kelestarian alam, Erica juga mencanangkan kampung Desa Sesaot sebagai desa kreatif
melalui usaha kecil menengah (UKM), kreativitas, inovasi dan usaha di masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan desa wisata.

Jurnalis : Turmuzi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Turmuzi

Baca Juga
Lihat juga...