banner lebaran

Masyarakat Kota Balikpapan Kini Rasakan Jargas

72

KAMIS, 2 FEBRUARI 2017
BALIKPAPAN — Sebanyak 306 sambungan rumah tangga di Kelurahan Karang Jati kini sudah dapat menikmati gas rumah tangga. Pembangunan dan pengoperasian Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga (Jargas) di Kota Balikpapan merupakan penugasan pemerintah kepada PT Pertamina (Persero).

 Saat peresmian pemanfaatan gas rumah tangga oleh Dirjen ESDM IGN Wiraatmaja di Kelurahan Karang Jati Kota Balikpapan.

Peresmian jaringan gas ke rumah tangga ini diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja di Kelurahan Karang Jati, di rumah Ida Mahmudah (45) di RT 23 nomor 37.

Ida Mahmudah mengatakan, sangat bersyukur dengan adanya program gas kota ini karena dirinya bersama warga lainnya sudah tidak perlu keliling mencari gas apabila gasnya habis khususnya untuk memasak.

“Sekarang enak tinggal pakai saja, nggak ada biaya dan mengeluarkan energi untuk keluar rumah mencari gas. Hanya bayar rekening saja sesuai pemakaiannya,” ucapnya.

Ida mengaku, program gas kota sudah dapat dinikmati sejak sepekan ini dan digunakan untuk memasak kebutuhan rumah tangga meski memiliki warung.

Dalam peresmian tersebut juga dilakukan serah terima formulir berlangganan gas antara Presiden Direktur PT Pertagas Niaga Linda Sunarti dengan pengguna gas rumah tangga, kemudian disaksikan Dirjen ESDM, Dirut Chevron Indonesia, GM UP V dan GM MOR VI serta rombongan.

Di Kota Balikpapan sendiri yang sudah tersambung jaringan gas sebanyak 3.849 SR. Jaringan gas akan terafiliasi terus berlanjut dalam jumlah tersebut.

Dalam kesempatan itu Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja mengatakan pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan Jargas untuk rumah tangga merupakan program berkelanjutan Kementerian ESDM sebagai bentuk konsistensi pemerintah dalam menyediakan energi bersih, murah dan terjangkau untuk masyarakat.

“Tahun ini pemerintah menganggarkan 1,14 triliun untuk bangun Jargas baru di beberapa kota/kabupaten dengan jumlah 53.000-59.000 SR,” sebutnya.

Sementara itu, gas untuk Jargas Kota Balikpapan diperoleh dari sumur KKKS PT Chevron Indonesia Company dengan alokasi 0,5 MMSCFD. Kemudian PT Pertamina (Persero) menugaskan afiliasinya PT Pertagas Niaga (PTGN) untuk mengelola dan mengoperasikan Jargas dengan bekerjasama BUMD setempat.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.