Mie Ayam Bertabur Jamur Sajian Khas Warung Deshintya

654

MINGGU, 5 FEBRUARI 2017

LAMPUNG — Mie ayam merupakan salah satu kuliner sangat familier ditengah-tengah masyarakat. Di pusat keramaian, penjual mie ayam, baik berupa gerobak dan warung permanen sangat mudah terlihat, tidak terkecuali di Jalan Lintas Sumatera KM 70 Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan.

Mie ayam yang disajikan dengan taburan jamur kuping, suwiran daging ayam serta taburan sayuran hijau dan bawang goreng dan beberapa bumbu penambah cita rasa

Warung mie ayam bakso bernama Deshintya ini, milik, Winarti (47) bersama sang suami, mashadi (50) sepakat menyajikan menu beberapa jenis mie, diantaranya mie kuning serta bihun putih untuk bakso dan sajian khas mie ayam.

Namun ada sedikit yang berbeda dalam tampilan mie ayam sajian Deshintya ini, diantaranya dalam hal komposisi, tak sebatas menambahkan daging ayam, melainkan adanya tambahan jamur kuping dan terkadang jamur tiram.

“Saat kami membuat mie ayam kebetulan ada ide untuk menambah kreasi dengan menambah taburan jamur tiram dan ternyata cocok dengan lidah para pelanggan,”ungkap Wartini sembari menyiapkan mie untuk dibuat menjadi mie ayam lengkap dengan menyiapkan jamur kuping pada nampan.

Menurut Wartini proses pembuatan mie ayam jamur tiram terbilang sederhana. Akan tetapi, rasa kenyal yang khas dari mie buatan sendiri ditambah sensasi jamur kuping hitam yang berada di sela sela mie saat bercampur dengan saus tomat, kecap dan saus cabai akan semakin menambah sensasi menikmati mie ayam jamur kuping tersebut.

Ia menyebutkan, bumbu yang disiapkan diantaranya kecap asin sari ikan, kaldu ayam, saus tiram, irisan daun bawang, beberapa bumbu lain dengan tidak lupa suwiran jamur kuping yang telah direbus matang sebagai topping atau taburan. Selain itu beberapa potong ayam rebus negeri bagian paha yang disuwir kecil kecil, sawi hijau dan sawi putih untuk pemanis warna, daun bawang cacah serta bawang goreng renyah menjadi penambah cita rasa.

Wartini menyiapkan mie yang akan dibuat menjadi mie ayam jamur kuping

Mie yang dibuat sebelumnya disimpan di dalam lemari pendingin untuk menjaga cita rasa. Dalam sehari ia mengaku hanya menyediakan sebanyak 5 kilogram mie yang disimpan dalam kulkas, sementara saat kebutuhan habis langsung membuat mie yang baru.

“Kalau pelanggan yang menyukai acar berupa irisan bawang merah, bawang putih, cabai rawit utuh serta cuka sudah disiapkan di setiap meja lesehan atau meja untuk duduk lengkap dengan saus tomat, cabai serta kecap manis,”ungkap Wartini.

Bagi pengunjung yang menyukai mie ayam jamur kuping dengan campuran bakso, berbagai jenis bakso pun telah disiapkan dengan konsep ambil sendiri yang membuat pengunjung bisa memilih berbagai varian bakso sebagai pelengkap mie ayam jamur kuping.

Beberapa varian bakso yang bisa ditambahkan dengan mie ayam jamur kuping diantaranya bakso mercon, bakso nyumput, bakso biasa, bakso tahu, bakso telur puyuh, serta bakso boom berukuran besar. Bakso bakso yang bisa dicampur dengan mie ayam jamur kuping tersebut diantaranya dihargai mulai dari Rp2.000 hingga bakso boom yang berukuran besar dengan harga Rp10.000, sementara harga mie ayam jamur kuping dijual dengan harga Rp10.000 per porsi.

Salah satu pelanggan setia, Ansori (34) mengaku mengunjungi warung mie ayam dan bakso tersebut saat istirahat jam kerja bersama kawan kawannya. Selain suasana yang nyaman, dengan mengambil sendiri bakso serta memesan mie ayam jamur kuping yang dipesan bisa mengukur kebutuhan perut, terutama saat jam jam makan siang atau jam makan malam.

“Enak di sini buat bersantai bersama kawan kawan terutama sambil menunggu jam istirahat serta menunggu kendaraan dicuci karena di sebelah warung ada tempat cucian kendaraan,”ungkap Ansori.

Ia mengaku rasa mie ayam yang menggunakan taburan jamur kuping hitam tersebut cukup nikmat ditambah dengan taburan daging ayam dan kuah yang menggugah selera. Sembari mengobrol dan menyantap hidangan mie ayam disertai bakso ia bahkan bisa memesan berbagai aneka jus dintaranya jus jeruk serta berbagai minuman lain. Selain mie ayam, bakso, beberapa jenis minuman diantaranta aneka jus dijual dengan harga Rp6.000 per gelas, es rumput laut Rp5.000,-, es campur Rp5.000,-, es teh Rp3.000 dan air jeruk panas Rp4.000,-

Ansori berdiri, salah satu pengunjung bersama kawan kawannya

Rasa yang cukup menggugah selera tersebut bahkan membuat Andika kerap memesan mie ayam jamur kuping di warung Deshintya untuk dibawa pulang ke rumah sebagai oleh oleh bagi sang isteri. Selain itu suasana yang santai dan nyaman membuat warung Deshintya kerap digunakan untuk merayakan ulang tahun beberapa anak sekolah di wilayah tersebut.

Jurnalis : Henk Widi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi

Baca Juga
Lihat juga...