banner lebaran

Mitos Nyale Bikin Awet Muda

113
SABTU 18 FEBRUARI 2017
LOMBOK—Bagi Sebagian masyarakat Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terutama orang tua, bagi mereka sebagai jelmaan dari sosok putri Mandalika, Nyale (cacing laut) yang ditangkap setiap satu tahun sekali, tidak saja sekedar diburu dan ditangkap untuk dihidangkan sebagai menu sayuran makan semata.
Nyale yang sudah matang dan siap dihidangkan sebagai menu makan sayuran.
Tapi dibalik itu masih terdapat semacam kepercayaan, bahwa bagi siapapun yang banyak mengkonsumsi nyale akan tetap awet muda dan cantik bagi perempuan dan tampan bagi  laki – laki.
“Nyale itu kan merupakan jelmaan dari Putri Mandalika yang terkenal akan kecantikannya, makanya siapa saja yang banyak mengkonsumsinya bisa tetap awet muda” kata Rusni warga masyarakat Desa Montong Sapah Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (17/2/2017.)
Menurut rusni, kepercayaan masyarakat tersebut sejalan dengan pesan putri Mandalika sebelum menceburkan diri ke laut, bahwa untuk bisa memiliki dirinya, maka masyarakat bisa menjumpainya dalam bentuk nyale di tanggal 20, bulan sepuluh.
Makanya tidak heran masyarakat saat tanggal dan bulan penangkapanya tiba, mereka berbondong – bondong datang ke laut pergi menangkap putri Mandalika yang telah berubah wujud jadi nyale.
Asiah, warga Desa Banyu Urip menambahkan, selain dipercaya bisa membuat awet muda bagi yang mengkonsumsi, nyale juga bisa menjadi mendatangkan kesuburan tanaman padi.
“Warga biasanya sepulang dari pergi nangkap nyale, sebagian nyale sengaja disishkan untuk ditaburkan di tanaman padi miliknya supaya subur dengan hasil berlimpa” tutupnya.
Jurnalis: Turmuzi/Editor: Irvan sjafari/Foto: Turmuzi
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.