NTB Pilot Project Pembentukan Lembaga Mediasi Masalah Keluarga

97
SENIN, 13 FEBRUARI 2017

MATARAM — Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi salah satu daerah pilot project pembentukan lembaga mediasi dalam penyelesaian masalah, terutama permasalahan terkait keluarga yang terjadi di tengah masyarakat.

Ketua Majelis Adat Sasak (MAS) Lombok, Mujitahid.

“Penetapan NTB sebagai pilot project pembentukan penyelesaian masalah, terutama masalah keluarga, karena NTB termasuk daerah yang tingkat kasus terkait masalah kekelurgaan seperti KDRT, kekerasan perempuan dan anak, cukup besar,” kata Ketua Majelis Adat Sasak (MAS) Pulau Lombok, Mujitahid di Mataram, Senin (13/2/2017).

Menurutnya, selama ini, hampir semua permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, terutama berkaitan masalah keluarga diselesaikan melalui jalur hukum.

Padahal, kata Mujitahid, tidak semua persoalan keluarga harus diselesaikan melalui ranah hukum. Ada persoalan keluarga yang tidak harus diselesaikan melalui jalur hukum dan dipublikasikan. Tapi, bisa diselesaikan melalui jalur mediasi.

“Melalui lembaga mediasi tersebut, nantinya kasus-kasus kekeluargaan yang memang bisa diselesaikan melalui proses mediasi diharapkan tidak dibawa ke ranah hukum,” harapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, penetapan NTB sebagai pilot project lembaga mediasi penyelesaian masalah keluarga sendiri terbentuk atas kesepakatan Mahkamah Agung (MA) supaya tidak semua masalah terutama masalah keluarga diselesaikan dengan hukum. Tapi, melalui lembaga mediasi dan adat.

Jurnalis: Turmuzi / Editor: Satmoko / Foto: Turmuzi

Baca Juga
Lihat juga...