Partisipasi Warga Papua di Pilkada 2017 Sangat Minim

24

RABU, 15 FEBRUARI 2017

JAYAPURA — Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, memilih Kota Jayapura untuk melakukan pencoblosan dalam Pilkada Serentak 2017 yang berlangsung di Ibukota Provinsi Papua, Rabu (15/02/2017).

Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama istri saat mencoblos di TPS.

Lukas Enembe didampingi istri, Yulce Enembe, usai memberikan hak suaranya di TPS 23 Kelurahan Argapura, mengatakan, pencoblosan di TPS tersebut minim warga yang datang. Faktanya, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPP) melaporkan kepadanya dari 408 Pemilih, baru 60 Pemilih yang datang, sementara waktu sudah beranjak siang dan sebentar lagi tutup.

“Ini waktu pencoblosan sudah mau tutup. Kemungkinan sedikit, karena pemilu di Kota Jayapura satu calon. Kalau jumlah empat atau lima calon, kemungkinan semua bisa datang,” kata Lukas.

Menurutnya, ada kemungkinan lain jumlah pemilih sedikit yakni masyarakat sendiri yang tak mau datang memilih dan bisa juga telah memilih ke TPS lain menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). “Saya dan istri saya sudah memberikan hak suara kami di TPS ini dan ini adalah kewajiban kami sebagai warga Negara Indonesia,” tuturnya.

Lukas menegaskan, setelah memantau beberapa TPS yang ada, ia mangaku rata-rata partisipasi masyarakat sangat kurang. Ia juga menjelaskan, semua ini adalah hasil dari sosialisasi Komisi Pemilihan Umum. “KPU punya tugas sosialisasi ini, saya pikir belum maksimal melaksanakan sosialisasi, karena mungkin waktu yang terbatas atau masalah di kota terlalu banyak, jadi belum melaksanakan sosialisasi secara baik,” kata Lukas.

Gubernur Papua, Lukas Enembe

TPS 23 Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan, memiliki total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 408 pemilih, terdiri dari pemilih perempuan 214 orang dan laki-laki sebanyak 198 orang. Hingga pukul 12.45 WIT, diperkirakan jumlah pemilih yang datang ke TPS tersebut baru 60-an orang.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Indrayadi T Hatta

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.