Pemkab Karangnyar Gelar Deklarasi Jaga Keutuhan NKRI

161

KAMIS, 9 FEBRUARI 2017

SOLO — Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menggelar silaturahmi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas). Kegiatan sosialisasi Kantibmas ini sekaligus sebagai deklarasi untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bupati Karanganyar, Juliatmono.

Bupati Karanganyar Juliatmono dalam sambutannya menjelaskan, pentingnya mengingat jasa-jasa para ulama dan pahlawan dalam mengantarkan kemerdekaan Indonesia. Bupati meminta agar hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa untuk tidak diikuti.

“Para pendiri bangsa berjuang dengan tujuan mulia. Yakni meraih kemerdekaan dari penjajah. Sudah menjadi tugas kita merawat kebhinekaan serta menjaga keutuhan NKRI,” kata Bupati, Kamis (9/2/2017).

Silaturahmi Kamtibmas ini turut dihadiri para tokoh agama, masyarakat, penegak hukum dan jajaran pejabat di jajaran Setda Kabupaten Karanganyar. Kegiatan yang dihelat di rumah dinas Bupati Karanganyar  untuk sarana mengingatkan pentingnya menjaga keutuhan NKRI. “Dari Kamtibmas ini perannya sangat penting, yakni dapat menangkal penyebaran paham radikal dan menangkas teror,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Juliatmono juga menegaskan pentingnya peran ulama dalam menjaga keberlangsungan kemerdekaan Indonesia hingga hari ini. Oleh karena itu, ulama tidak bisa dipisahkan dari Indonesia, termasuk dalam menjalankan roda pemerintahan. “Ulama NU maupun Muhammadiyah sangat berperan dalam kemerdekaan maupun berlangsungnya Indonesia. Peran ulama dalam hal memberikan kebijakan kemaslahatan umat saya kira harus dilibatkan,” tandasnya.

Sosialisasi Kamtibmas untuk menjaga kebhinnekaan itu tak hanya disampaikan oleh Bupati Juliatmono. Sejumlah tokoh seperti Ketua MUI, Ketua Dai Kamtibmas, Ketua PCNU Karanganyar dan Ketua PD (Pengurus Daerah) Muhammadiyah Karanganyar, juga memberikan wejangannya.

Para peserta deklarasi di Solo.

Puncak kegiatan ini ditandai dengan membacakan naskah deklarasi menjaga keutuhan NKRI. Deklarasi keutuhan NKRI ini dibacakan bupati dan diikuti seluruh peserta yang hadir. Dalam deklarasi itu ditekankan seluruh elemen masyarakat di Karanganyar berkomitmen untuk merawat kebhinekaan serta menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Jurnalis: Harun Alrosid / Editor: Satmoko / Foto:  Harun Alrosid

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.