Pemkab Kukar Targetkan Kunjungan Wisatawan Capai Dua Juta

122

KAMIS, 2 FEBRUARI 2017

BALIKPAPAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menargetkan, kunjungan wisatawan yang datang ke Kukar pada tahun ini mencapai 2 juta lebih. Target kunjungan itu naik dari tahun 2016 lalu yang berhasil mencatat kunjungan wisatawan mencapai 1,9 juta.

Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari.

Bupati Kukar, Rita Widyasari, mengungkapkan, meningkatnya kunjungan wisatawan di Kukar itu tidak hanya mengandalkan objek wisata yang ada, namun juga even tahunan yang digelar di Kukar menjadi daya tarik kunjungan wisatawan.

“Tahun ini kita buat lima even dalam setahun salah satunya festival budaya seperti Erau. Kemudian Festival Kersik dan Lanjong. Even-even itu kita gelar untuk menarik wisatawan datang ke Kukar,” jelasnya di sela aktivitas saat hadir dalam audiensi bersama Dirjen Migas di Balikpapan.

Ia menuturkan, beberapa objek wisata yang menjadi unggulan di Kabupaten Kutai Kartanegara yakni Pulau Kumala yang kini menjadi favorit wisatawan. Setelah bulan Maret 2016 lalu jembatan repo-repo sudah dapat menjadi alat transportasi bagi pejalan kaki untuk sampai ke Pulau Kumala.

Tak hanya Pulau Kumala, tak jauh dari kawasan itu juga ada Museum Mulawarman. Museum ini memiliki histori tersendiri. Di dalam museum terdapat benda-benda bersejarah yang pernah digunakan oleh pihak kesultanan.

“Kami yakin, beberapa objek wisata yang dimiliki sekarang dan berbagai even festival yang digelar di Kabupaten Kukar bisa menarik wisatawan,” ucapnya penuh optimis, Kamis (2/2/2017).

Rita menyebutkan, saat week end dalam sehari kunjungan wisatawan ke Pulau Kumala bisa mencapai 16 ribu pengunjung.

“Jumlah itu sangat fantastik dan tak terduga. Sehingga akan terus ditata keberadaan Pulau Kumala. Tahun ini kursi dan warung yang ada juga akan ditata dan sudah dianggarkan. Fasilitas lain juga akan terus ditambah,” tandasnya.

Di Pulau Kumala ini juga ada lamin yang nantinya di tempat itu dibangun learning center yang dijadikan english zone.

“Harapannya, target itu akan tercapai tahun ini dan ke depan akan banyak even yang bisa digelar,” ujarnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Baca Juga
Lihat juga...