Pemprov Sumbar Siapkan Empat Strategi Penanggulangan Kemiskinan

209
JUMAT 17 FEBRUARI 2017

PADANG—-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mempunyai cara untuk melakukan penanggulangan kemiskinan.  Saat ini angka kemiskinan masih jauh dari harapan.

Sekdaprov Sumbar Ali Asmar

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Barat, Ali Asmar mengatakan, ada empat strategi utama dalam penanggulangan kemiskinan, yaitu memperbaiki program perlindungan sosial, meningkatkan akses terhadap pelayanan dasar, pemberdayaan kelompok masyarakat miskin serta menciptakan pembangunan yang inklusif.

Menurutnya, dengan adanya empat cara tersebut,  Pemprov Sumbar memiliki sasaran strategi, yang akan didukung oleh sejumlah pihak yang bertangunggjawab dalam penanggulangan kemiskinan.

“Sasaran stertegi yang saya maksud itu seperti perlindingan sosial, pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil, guna memperbaiki kualitas hidup masyarakat miskin untuk kehidupan yang lebih baik,” ujarnya, dalam kesempatan upacara bulanan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemprov Sumbar, Jumat (17/2/2017).

Ali Asmar menyebutkan, kemiskinan yang terjadi di Sumbar ini paling banyak terdapat di tiga kabupaten yang disebut daerah tertinggal, yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai, Solok Selatan, dan Pasaman Barat. Daerah tersebut, masih minim infrastruktur seperti infrastruktur pendidikan, puskesmas, dan akses transportasi.

“Untuk tiga daerah itu memang pemprov tengah melakukan upaya pengentasan kemiskinan. Karena sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga telah berjuang untuk tiga daerah itu, untuk meminta bantuan dana ke pemerintah pusat umtuk membangun sejumlah infrastruktur,” paparannya.

Dia  mengakui, upaya Pemprov Sumbar untuk melakukan pengentasan kemiskinan di daerah itu  dihadang oleh sejumlah hal. Misalnya saja,  masyarakat di Kepulauan Mentawai menolak untuk menerima program pengentasan kemiskinan tersebut, dengan alasan yang tak jelas.

Kendati demikian, Ia menegaskan Pemprov Sumbar akan terus mengupayakan mensejahterahkan masyarakat Sumbar, agar tidak lagi menghadapi kehidupan yang sulit.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, masih terdapat 10 kabupaten yang memiliki capaian tingkat kemiskinan diatas rata-rata provinsi yakni diatas 7,31 persen.

: Rumah Tangga Miskin.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra/Editor: Irvan Sjafari/Foto:  Muhammad Noli Hendra

Baca Juga
Lihat juga...