Penjual Bunga di Malang Raup Untung di Hari Valentine

177
SELASA, 14 FEBRUARI 2017

MALANG — Terlepas dari adanya pro dan kontra mengenai perayaan Hari Valentine di tengah-tengah masyarakat, namun bagi para penjual bunga potong Hari Valentine justru membawa berkah tersendiri bagi mereka. Bagaimana tidak, dengan adanya peringatan hari kasih sayang tersebut penjualan mereka meningkat hingga empat kali lipat daripada hari biasa.

Agus (kanan) dan bunga produk jualannya.

“Kalau pada hari biasa kami hanya mampu menjual 40-50 rangkaian bunga, tetapi di Hari Valentine bisa menjual sampai 200 rangkaian bunga per harinya,” salah satu karyawan Aries Florist, Agus, kepada Cendana News, Selasa (14/2/2017).

Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak di Hari Valentine, para penjual bunga ini rata-rata juga menaikkan harga dari bunga-bunga tersebut. Hal tersebut juga diakui oleh Agus.

“Di hari biasa satu kuntum bunga mawar hanya di jual 2 ribu rupiah, tapi saat Valentine harganya kita naikkan menjadi 5 ribu rupiah per tangkai,” akunya. Sedangkan kalau harga rangkaian bunga ada paketannya tersendiri, mulai dari harga Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu dan bunganya bisa dipilih sendiri oleh konsumen.

Agus juga menyampaikan, bahwasannya saat Valentine seperti sekarang ini biasanya yang paling laris dan paling diminati konsumen yaitu bunga Mawar. Setelah itu baru jenis bunga yang lainnya seperti Aster, Pikok dan Hortensia yang banyak dicari.

Menurutnya, sebagian bunga yang dijual di toko bunga yang sudah ada sejak tahun 1983 ini merupakan hasil budidaya sendiri, sedangkan sebagiannya lagi dibeli dari petani bunga.

Disebutkan, selain Valentine biasanya yang ramai pembeli yakni pada Hari Ibu, Imlek, hari raya tertentu lainnya dan di bulan-bulan ketika banyak orang menikah.

Lebih lanjut Agus mengatakan, untuk menjaga agar bunga tetap segar dan tidak mudah layu, batang bunga harus dimasukkan ke dalam air dan air tersebut harus rutin diganti setiap hari. Selain itu batang juga harus sering dipotong agar tidak membusuk.

Bunga yang dijual di Ariest Florist.

“Kalau batang tidak dipotong maka batang akan membusuk dan air tidak bisa naik ke atas sehingga bunga akan menjadi layu,” terangnya.

Jurnalis: Agus Nurchaliq / Editor: Satmoko / Foto: Agus Nurchaliq

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.