Penyidik KPK Periksa Albert Burhan Sebagai Saksi untuk Emirsyah Satar

74
KAMIS 2 FEBRUARI 2017
JAKARTA—Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus menyelidiki dan mendalami terkait kasus dugaan suap dalam pembelian sejumlah mesin pesawat penumpang buatan Rolls-Raiyce asal Inggris dan pembelian sejumlah pesawat penumpang komersial jenis Airbus yang menjerat Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo.
Hingga pukul 15:15 WIB, Albert Burhan masih menjalani pemeriksaan penyidik KPK di Gedung KPK Jakarta.
Emirsyah Satar belakangan diketahui sebagai Direktur Utama (Dirut) PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk periode 2005 hingga 2014. KPK telah menetapkan Emirsyah Satar sebagai tersangka pihak penerima suap. Sedangkan Soetikno Soedarjo, belakangan diketahui sebagai seorang pengusaha sekaligus pendiri dan  pemilik PT. Mugi Rekso Abadi (MRA).
Penyidik KPK telah menetapkan Soetikno Soedarjo sebagai tersangka kerena diduga sebagai pihak pemberi suap kepada Emirsyah Satar, masing-masing senilai 20 ribu Dolar Amerika (USD). Soetikno Soedarjo diduga memberikan suap dalam bentuk barang (bukan uang) jumlahnya diperkirakan senilai 2 juta dolar Amerika (USD).
Hari ini penyidik KPK memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap Albert Burhan, yang tak lain adalah mantan Vice President (VP) Treasury Management PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk periode 2005 hingga 2012. Albert Burhan jam diperiksa dan dimintai keterangan oleh penyidik KPK terkait dengan pembelian mesin pesawat Rolls-Royce dan pembelian pesawat penumpang komersial jenis Airbus.
“Hari ini penyidik KPK memanggil dan memeriksa yang bersangkutan (Albert Burhan) yang tak lain adalah mantan pejabat PT. Garuda Indonesia, Albert Burhan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ESA (Emirsyah Satar), terkait dengan pembelian mesin Rolls-Royce dan pembelian pesawat jenis Airbus untuk maskapai Garuda Indonesia,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK Jakarta, Kamis siang (2/2/2017).
Berdasarkan pantauan Cendana News langsung dari Gedung KPK Jakarta, hingga pukul 15:00 WIB, Albert Burhan belum tampak terlihat keluar dari Gedung KPK Jakarta. Albert Burhan masih menjalani pemeriksaan dan dimintai keterangan oleh penyidik KPK sebagai saksi untuk tersangka Emirsyah Satar, yang tak lain adalah mantan atasannya di maskapai Garuda Indonesia.
Meski sebelumnya telah menetapkan status tersangka kepada Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap, namun hingga detik ini penyidik KPK belum menahan keduanya. Namun penyidik KPK telah mengajukan surat permohonan pencegahan bepergian ke luar negeri kepada 2 orang tersangka, yaitu Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo dan 3 orang saksi lainnya.
Pihak KPK telah mengirimkan surat pencegahan bepergian ke luar negeri kepada 5 orang tersebut dengan alasan kepentingan penyelidikan dan penyidikan kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Dengan demikian kelima orang tersebut tidak boleh atau dilarang meninggalkan wilayah Negara Republik Indonesia minimal dalam waktu 6 bulan ke depan.
Jurnalis: Eko Sulestyono/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Eko Sulestyono
Baca Juga
Lihat juga...