Peringati Hari Pers, Aliansi Wartawan Sikka Gelar Pelatihan Jurnalistik

KAMIS, 9 FEBRUARI 2017

MAUMERE — Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera, meminta para siswa yang hadir dalam pelatihan jurnalistik yang diadakan Aliansi Wartawan Sikka (AWAS) agar memanfaatkan kesempatan yang diberikan untuk menimba ilmu jurnalistik sebaik mungkin, sehingga kelak bila ingin berprofesi sebagai pekerja media sudah memiliki bekal ilmu.

Para siswa peserta pelatihan jurnalistik yang digelar Aliansi Wartawan Sikka.

Demikian disampaikan Yoseph Ansar Rera, saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan jurnalistik yang diadakan Aliansi Wartawan Sikka di Aula Hotel Nara, Kamis (9/2/2017). Dikatakan Ansar, para pekerja media ingin membagi pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki terkait dunia jurnalistik. Menjadi wartawan selain membutuhkan bakat, juga pengetahuan dan perlu ada upaya-upaya peningkatan  kemampuan yang ada. “Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, agar bila kelak tamat sekolah dan ingin menjadi wartawan, minimal sudah memiliki dasarnya, sehingga perlu dikembangkan lagi,” ujarnya.

Ditambahkan Ansar, sebelum mengadakan pelatihan jurnalistik, pekerja media di Sikka juga sudah memberikan contoh dengan melakukan kerja bakti membersihkan sampah di daerah pertokoan dan kegiatan ini sangat positif guna memberi contoh kepada masyarakat. “Jadi, para wartawan ini bukan hanya menulis. Tapi, mereka juga turun langsung memberi contoh. Padahal, tugas menjaga kebersihan merupakan kewajiban masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua AWAS, Ruben Suban Raya, mengatakan, pelatihan jurnalistik ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan Hari Ulang Tahun AWAS yang pertama. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian para pekerja media, dalam rangka membagi ilmu dan menularkan kemampuan yang dimiliki, dan yang terpenting masyarakat bisa memahami pekerja pers dan tugasnya. “Kami laksanakan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan terkait jurnalistik kepada anak sekolah, sehingga mereka bisa memahami apa itu pekerja media, sehingga bila ada keinginan untuk menjadi wartawan mereka sudah memiliki dasar,” sebutnya.

Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera, saat membuka pelatihan jurnalistik.

Ruben menambahkan, kegiatan pelatihan ini merupakan yang pertama setelah aliansi wartawan di Kabupaten Sikka didirikan dan ke depannya akan dilaksanakan berbagai kegiatan positif lainnya sebagai bentuk pencerahan dan contoh kepada masyarakat.

Dalam pelatihan ini, lanjutnya, juga melibatkan Pemda Sikka, KODIM 1603 Sikka, Lanal Maumere, Polres Sikka serta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka dalam memberikan pembekalan kepada para siswa. “Selain membuat berita, kami ingin memberikan contoh kepada masyarakat apa yang harus dilakukan, sehingga kami akan melakukan berbagai kegiatan positif demi kemajuan Kabupaten Sikka dan negeri ini,” terangnya.

Peserta pelatihan, jelas Ruben, berasal dari SMA, SMK dan MA yang ada di Kota Maumere. Masing-masing sekolah mengutus 3 orang siswa-siswinya untuk mengikuti pelatihan ini, sehingga jumah peserta sekitar 75 orang. Pelatihan berlangsung sejak pukul 08.00 WITA hingga pukul 15.00 WITA, dan setiap peserta nanti akan diberikan sertifikat usai pelatihan.

Jurnalis: Ebed De Rosary/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ebed De Rosary

Komentar