Permohonan Paspor Umroh di Imigrasi Balikpapan Melonjak

155

SENIN, 6 FEBRUARI 2017

BALIKPAPAN — Permohonan paspor di kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan dalam per harinya pada pekan terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan itu dalam per harinya mencapai 100-120 pemohon dan mayoritas permohonan umroh.

 Kepala Imigrasi Balikpapan, Pamuji Rahardja.

Kepala Imigrasi Balikpapan, Pamuji Rahardja, menjelaskan, dari lonjakan permohonan paspor itu sekitar 70 persen untuk keperluan umroh, disusul wisata 30 persen.

“Tinggi sekali lonjakan sampai dua kali lipat pemohon. Kalau dilihat dari klasifikasinya, banyak permohonan umroh,” tuturnya setelah silaturahmi ke wali kota, Senin (6/2/2017).

Menurutnya, peningkatan permohonan umroh ini karena daftar tunggu haji yang cukup lama sehingga banyak masyarakat yang beralih pada umroh.

Pamuji mengatakan, perlakuan kemudahan mendapatkan paspor diberikan kepada semua pemohon. Namun diakui terhadap daerah jauh seperti Grogot, ada dispensasi.  “Dispensasi itu maksudnya dia didahulukan kalau Balikpapan besoknya. Perlakuannya sama semua dalam pelayanan,” tandasnya.

Sementara itu, Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan sejak hari ini (6/2/2017) kembali normal dalam memberikan pelayanan pengurusan dokumen paspor setelah mengalami gangguan dua pekan lalu.

Sejak gangguan di server Imigrasi pusat, pihak Imigrasi Balikpapan membatasi kuota pelayanan hanya 50 paspor dalam sehari karena dilakukan secara manual.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Baca Juga
Lihat juga...