banner lebaran

Perpustakaan Desa Pasuruan Terima Fasilitas Komputer dan Buku

64
JUMAT 10 FEBRUARI 2017
LAMPUNG—Upaya pengembangan perpustakaan di tingkat pedesaan terus mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satu yang mendukung adalah Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui kegiatan perpustakaan seru (Perpuseru) di beberapa kecamatan. Pengembangan perpuseru tersebut diantaranya dengan disediakannya fasilitas beberapa perpustaakaan di Kecamatan Kalianda, Kecamatan Jati Agung, Kecamatan Penengahan serta beberapa kecamatan lain.
Sugeng Hariyono membawa buku buku bersama para relawan pustaka armada bergerak . 
Perpustakaan di wilayah ini memperoleh fasilitas komputer serta koleksi ratusan buku bacaan. Pengembangan perpuseru tersebut menurut Camat Kecamatan Penengahan, Lukman Hakim menjadi upaya pemerintah daerah untuk menumbuhkan minat baca terutama bagi masyarakat yang ada di wilayah kecamatan.
Lukman Hakim mengungkapkan khusus untuk Kecamatan Penengahan satu buah ruangan sudah dikhususkan untuk perpustakaan kecamatan.  Ruangan yang memiliki fasilitas air conditioner (AC) serta 10 fasilitas komputer tersebut diakui Lukman Hakim bisa menjadi rujukan bagi masyarakat yang akan membaca buku serta mencari informasi melalui internet. Lokasi yang strategis di kecamatan dimaksudkan agar warga bisa mencari informasi di perpustakaan saat berkunjung ke perpustakaan.
“Fasilitasnya sudah lengkap namun kunjungan masyarakat terutama pelajar masih minim karena memang kita lihat minat baca masih kurang sehingga meski fasilitas sudah ada tapi belum maksimal digunakan, tapi setiap hari tetap ada yang berkunjung ke perpustakaan kecamatan,”ungkap Lukman Hakim, Camat Kecamatan Penengahan saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (10/2/2017).
Selain pengembangan perpustakaan di tingkat kecamatan, beberapa desa juga telah mulai meniru langkah keberadaan perpuseru di setiap kantor desa salah satunya Desa Pasuruan. Pengembangan perpuseru di Desa Pasuruan saat ini tengah dilakukan persiapan lokasi serta penambahan beberapa koleksi buku terutama dengan adanya kepedulian dari perusahaan melalui program tanggung jawab sosial dalam bentuk pemberian bantuan fasilitas komputer.
Bantuan tersebut menurut Sugeng Hariyono selaku penggagas armada pustaka bergerak Lampung berupa 3 unit komputer yang akan digunakan sebagai fasilitas belajar masyarakat terutama anak anak usia sekolah. Lokasi kantor Desa Pasuruan yang berada dekat dengan beberapa sekolah dari tingkat Taman Kanak Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dipandang sangat strategis dan akan bermanfaat bagi para pelajar.
“Kita sudah koordinasi dengan kepala desa dan menyediakan tempat, selanjutnya kita juga berikan tambahan buku buku dan sedang kita susun jadwal untuk hari kunjung perpustakaan di desa bagi siswa siswa sekolah,” ungkap Sugeng Hariyono.
Bantuan berupa 3 unit komputer tersebut menurut Sugeng Hariyono berasal dari corporate social responsibility (CSR) Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dalam bentuk pengembangan perpustakaan. Ia berharap fasilitas yang diberikan bisa digunakan masyarakat teritama para pelajar untuk mengakses informasi dari internet dan juga buku buku.
Kepala Desa Pasuruan, Kartini, mengungkapkan adanya bantuan tersebut akan semakin membuat Desa Pasuruan berkembang terutama adanya informasi yang cepat dan fasilitas perpustakaan yang cukup strategis. Lokasi kantor Desa Pasuruan yang berada di tengah tengah beberapa fasilitas sekolah membuat anak anak usia sekolah selalu berkunjung saat pulang sekolah serta saat jam istirahat.
“Kita sedang siapkan untuk jaringan internetnya karena masih offline dan kita akan sediakan operator khusus yang mengelola perpustakaan desa agar lebih terjaga,”terang Kartini.
Anggaran dari dana desa (DD) sebagian ungkap Kartini akan dialokasikan untuk pembelian buku. Selain itu penggunaan listrik serta pemakaian internet untuk komputer yang akan digunakan para siswa akan diambilkan dari dana desa dan tengah dibicarakan dengan badan permusyawaratan desa (BPD). Ia berharap keberadaan perpustakaan desa tersebut bisa dipergunakan oleh masyarakat terutama anak anak sekolah.
Kartini , Kepala Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan.
Jurnalis: Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.