Pilkada Jakarta 2017, TPS 45-46 Pluit Penjaringan Lancar dan Aman

194

RABU, 15 FEBRUARI 2017

JAKARTA — TPS 45-46 RW 012, Penjaringan Pluit, Jakarta utara, Pilkada DKI Jakarta 2017 sudah dimulai sejak pagi pukul 10.00 WIB. Sebanyak 1.060 warga terdiri dari 496 laki-laki dan 564 perempuan, datang memberikan hak pilihnya masing-masing untuk memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru.

Pelaksanaan Pilkada di TPS

Ketua KPPS TPS 45, William, memberikan jaminan kelancaran pemeriksaan persyaratan dokumen bagi peserta harus terpenuhi sebelum masuk TPS. “Harus ikut aturan, agar demokrasi berjalan lancar dan lebih bermartabat,” sebut William. Hal sama juga disampaikan Ketua KPPS TPS 46, Heri, bahwa dokumen merupakan syarat penting yang harus dipenuhi warga dan petugas KPPS adalah benteng kuat yang harus memastikan hal tersebut terpenuhi.

Teknis pelaksanaan pemungutan suara terpantau teratur di lapangan. Warga akan diperiksa kelengkapan dokumen seperti E-KTP dan surat keterangan asli oleh Keamanan TPS di pintu masuk. Setelah memenuhi syarat, warga pemilih masuk TPS untuk mendaftarkan diri kepada Petugas KPPS 4-5 pencatat kehadiran, kemudian duduk antri menunggu panggilan masuk bilik suara.

Setelah dipanggil, pemilih mengambil Surat Suara di KPPS 1-3, kemudian masuk Bilik Suara untuk pencoblosan suara. Keluar dari Bilik Suara, langsung menuju dan memasukkan hasil pilihannya ke Kotak Suara yang dijaga Petugas KPPS 6. Selesai memasukkan pilihan ke Kotak Suara, pemilih menuju meja tinta KPPS 7 untuk mencelupkan salah-satu jari ke dalam wadah tinta pertanda sudah melakukan pemilihan suara. Proses pemilihan selesai dan pemilih keluar meninggalkan TPS.

Warga berdatangan untuk ikut Pilkada 2017

Pemilihan Umum Kepala Daerah yang berlangsung di Jalan Pluit Karang Indah XI, Taman Khusus Warga RW 012, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, ini terasa nyaman bagi seluruh warga, karena memanfaatkan taman yang rimbun. Kepala Keamanan TPS, M. Riana, menyebut, jaminan keamanan dan kenyamanan adalah harga mati yang ditonjolkan, agar Pilkada di TPS 45-46 berlangsung lancar. “Pokoknya sukses dan lancar, itu tugas yang kami emban sebagai keamanan,” ujarnya.

Sementara itu, Allan, Saksi Pasangan Nomor Urut 3 mengakui kelancaran proses pemungutan suara di TPS 45-46 Penjaringan. Namun, ia belum bisa memberikan perkembangan kemugkinan perolehan suara terbaru dari Pasangan Nomor Urut3.

Jurnalis: Miechell Koagouw/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Miechell Koagouw

Baca Juga
Lihat juga...