Pos RAPI di Jayapura, Mudahkan Info Bencana dan Kamtibmas

181
SELASA, 14 FEBRUARI 2017
 

JAYAPURA — Tim Reaksi Cepat (TRC) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Region 27 Papua, siap siaga membantu masyarakat dalam kegiatan sosial terlebih khusus bencana alam. Kesiagaan mereka dibuktikan dengan adanya Pos TRC RAPI di Youtefa, Kota Jayapura.

Pos TRC RAPI yang berlokasi di Jalan Baru Pasar Youtefa, Kota Jayapura.

TRC tersebut bukan hanya memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat ibu kota Provinsi Papua, melainkan juga tiga kabupaten terdekat seperti, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, dan Kabupaten Sarmi yang dapat dilalui jalan darat.

Dwi Indarto dengan nama udara JZ 27 BM mengaku, pihaknya memberikan bantuan komunikasi kepada masyarakat yang membutuhkan, terlebih disaat ada bencana maupun musibah seperti kebakaran.

“Dalam pos ini bukan hanya TRC daerah, tapi ada juga yang dari kota dan kabupaten-kabupaten terdekat,” kata Dwi, Selasa (14/02/2017).

Di pos ini juga, kata Dwi, sebagai tempat koordinasi internal dan konsolidasi sekaligus tempat kumpul. Di dalam pos ini dilengkapi dengan perangkat radio SSB dan Link Gateway yang dapat menjangkau keluar Papua.

“Ini berfungsi untuk koordinasi bencana di seluruh Indonesia, termasuk di Papua, khususnya Kota Jayapura dan sekitarnya,” ujarnya.

Pihaknya tak bekerja sendiri, lanjutnya, melainkan bekerjasama atau berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi maupun kabupaten/kota juga dengan Basarnas.

“Untuk Kamtibmas bekerjasama dengan aparat keamanan TNI-Polri,” ujarnya.

Muhammaddong selaku Ketua TRC RAPI lokalan Abepura dengan nama udara JZ 27 AHM mengatakan, pos ini sangat membantu masyarakat yang ada di sekitaran Pasar Youtefa, pada umumnya di Kota Jayapura.

“Kami di lokalan Abepura hampir semuanya menjadi TRC RAPI lokalan Abepura,” kata Mad, sapaan akrabnya.

Sebelum ada pos, pihaknya sering berkumpul namun tak terarah. Kini, kata Mad, dengan adanya pos, anggota semua dapat berkumpul dan berkoordinasi terkait informasi yang ada di masyarakat.

Markas RAPI yang lebih memudahkan adanya koordinasi pemantauan dan penanganan bencana serta Kamtibmas.

TRC ada karena kebutuhan dari organisasi RAPI yang terjun langsung ke lapangan. Dalam hal bantuan komunikasi biasa maupun darurat. Anggota TRC ditunjuk khusus oleh pengurus daerah maupun kabupaten/ kota.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta / Editor: Satmoko / Foto: Indrayadi T Hatta

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.