PPK Kotagede Yogyakarta, Hitung Ulang Surat Suara Tidak Sah

109

KAMIS, 16 FEBRUARI 2017

YOGYAKARTA — Komisi Pemilihan Umum Daerah DI Yogyakarta mulai melakukan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah Kota Yogyakarta di tingkat Kecamatan, Kamis (16/2/2017). Proses rekapitulasi dilakukan di 14 Kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta, yang ditargetkan selesai Jumat (17/02/2017). 

Suasana proses rekapitulasi di Kecamatan Kotagede.

Dilakukan secara terbuka oleh petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), proses rekapitulasi penghitungan suara ini melibatkan berbagai unsur mulai dari pengawas dan relawan tingkat kecamatan, saksi kedua pasangan calon, hingga unsur masyarakat lainnya. Sementara proses pengamanan dilakukan melibatkan pihak Kepolisian, TNI, hingga satuan pengamanan lainnya.

Di wilayah Kecamatan Kotagede Yogyakarta, proses rekapitulasi dilakukan sejak pagi di Kantor Kecamatan setempat. Terdapat 65 Kotak Suara dari 65 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang direkapitulasi, meliputi 3 wilayah kelurahan, yakni Prenggan, Purbayan dan Rejowinangun.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotagede, Prasetyo Wibowo, menyatakan, pihaknya melakukan penghitungan ulang Suara Tidak Sah dalam proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kecamatan Kotagede hari ini. Hal itu dilakukan, karena ada permintaan dari saksi tingkat kecamatan dari Paslon Nomor Urut 1, yang meragukan proses penghitungan di tingkat TPS, karena melihat banyaknya suara yang tidak sah.

Prasetyo Wibowo, Ketua PPSK Kotagede

“Ada keberatan dari saksi tingkat kecamatan, yakni paslon nomor urut satu yang meragukan proses penghitungan di tingkat TPS. Khususnya, terkait banyaknya surat suara tidak sah. Kita mengakomodasi keberatan saksi, sehingga kita melakukan penghitungan atau pengecekan ulang semua surat suara tidak sah dari seluruh TPS,” ujarnya.

Wibowo sendiri menargetkan, proses rekapitulasi hasil penghitungan suara pada 65 TPS di Kecamatan Kotagede bisa selesai hari ini. Meski demikian, jika proses rekapitulasi belum juga selesai hari ini, maka akan dilanjutkan pada Jumat esok hari. Sedangkan proses penyimpanan Kotak Suara dilakukan di salah-satu ruang Kecamatan, dengan dikunci dan disegel, sehingga hanya ketua PPK saja yang dapat membukanya.

Jurnalis: Jatmika H Kusmargana/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Jatmika H Kusmargana

Baca Juga
Lihat juga...