Presiden Jokowi akan Beri Penghargaan 19 Pendonor Darah Aktif di Sumbar

JUMAT, 17 FEBRUARI 2017 
PADANG — Sebanyak 19 orang pendonor darah asal Sumatera Barat (Sumbar) akan menerima penghargaan Satya Lencana dari Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta pada hari Minggu mendatang.

Warga yang tengah mendonorkan darahnya di PMI Padang.

Staf UTD PMI Kota Padang, Khaira mengatakan, 19 orang tersebut telah dinyatakan sebagai penerima pengharaan, karena telah mencapai 100 kali donor darah.

“Satya Lencana ini merupakan penghargaan PMI atas bentuk kepedulian Donor Darah Sukarela (DDS) yang aktif, karena turut membantu kebutuhan darah yang ada di Sumbar,” jelasnya, saat dihubungi siang ini, Jumat (17/2/2017).

Ia menyebutkan, penyerahan penghargaan itu akan dilakukan di salah satu hotel di Jakarta dan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi.

19 orang yang akan menerima penghargaan Satya Lencana dari Sumbar tersebut, 12 orang dari Kota Padang, 5 orang dari Solok, dan 2 orang dari Kota Bukittinggi.

Sementara itu, Wali Kota Padang dan sekaligus selaku Ketua PMI Kota Padang, Mahyeldi, mengapresiasi para DDS yang akan menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi itu.

“Dengan adanya penghargaan itu, telah mencerminkan bahwa masyarakat di Kota Padang atau pun Sumbar peduli dengan donor darah untuk masyarakat yang membutuhkannya,” ujar Mahyeldi.

Ia mengakui, selama DDS dilakukan, darah yang paling banyak didonorkan oleh masyarakat golongan darah O, sementara di Padang atau pun Sumbar sangat membutuhkan darah dengan golongan AB.

PMI Padang dengan Wali Kota Padang usai melakukan pertemuan soal 19 orang pendonor darah aktif yang akan pergi ke Jakarta.

Mahyeldi mengimbau kepada masyarakat agar tidak merasa takut untuk mendonorkan darahnya. Karena dengan mendonorkan darah akan membuat tubuh sehat.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Editor: Satmoko / Foto: Istimewa

Komentar