banner lebaran

Sambut Hari Pers Nasional, Aliansi Wartawan Sikka Gelar Aksi Bersih Sampah

44

JUMAT, 3 FEBRUARI 2017

MAUMERE — Menyambut peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari dan Hari Ulang Tahun Ke-1 Aliansi Wartawan Sikka (AWAS) pada 14 Februari 2017, pekerja pers merangkul berbagai elemen melaksanakan bakti sosial membersihkan sampah di areal pertokoan Kota Maumere, Jumat (3/2/2017).

Personel KODIM 1603 Sikka  membersihkan rumput dan sampah yang ada di badan jalan.

Ketua Aliansi Wartawan Sikka, Ruben Suban Raya, kepada Cendana News di lokasi kegiatan bakti sosial mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian para pekerja pers di Kabupaten Sikka, yang selama ini hanya mewartakan berbagai persoalan di Sikka. “Kami ingin menunjukan, bahwa wartawan pun bisa membersihkan sampah dan drainase dengan menggandeng berbagai elemen masyarakat yang ada dan juga sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan kota,” ungkapnya.

Lebih jauh, Ruben menambahkan, insan pers prihatin melihat saluran drainase di Kota Maumere yang selalu mampet akibat dipenuhi sampah dan tanah, sehingga selain menimbulkan bau tak sedap, juga menjadi sarang nyamuk. “Penyakit demam berdarah dan malaria setiap tahun selalu menyerang warga dan semua itu seakan menjadi sebuah kebiasaan akibat minimnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan,” terangnya.

Ruben berharap, kegiatan ini bisa memberi motivasi bagi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di dalam got atau drainase. “Kegiatan ini ingin menunjukan kepada masyarakat, agar bisa menjaga lingkungan tempat tinggal mereka dan menjaga kebersihan di tempat umum,” pungkasnya.

Personil Tagana Sikka sedang mengangkat sampah dan rumput saat bakti sosial.

Bakti sosial mengambil tempat areal pertokoan di sepanjang Jalan Raja Centis dari depan Kantor Flores Pos hingga Toko Nita. Selain membersihkan rumput dan sampah di pinggir jalan, juga membersihkan sampah dan tanah yang ada di dalam saluran drainase. Kegiatan yang dimulai pukul 06.00 WITA hingga pukul 10,00 WITA ini diikuti sekitar 150 orang dari berbagai elemen masyarakat, yakni personil KODIM 1603 Sikka, Polres Sikka, Lanal Maumere, Tagana, PMI, Dinas Pekerjaan Umum, BLH dan Kebersihan, Dinas Infokom Sikka serta Bagian Humas Setda Sikka. Hadir pula organisasi mahasiswa PMKRI St. Thomas Morus Maumere, GMNI Sikka, SMK John Paul Maumere, pegiat LSM, Staff Kelurahan Kota Baru dan Kecamatan Alok Timur serta didukung oleh Bank Sampah Flores.

Jurnalis: Ebed De Rosary/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ebed De Rosary

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.