SDN 1 Klaten Lamsel Intensif Persiapkan Murid Ikuti O2SN dan FLS2N

39

SELASA, 7 FEBRUARI 2017

LAMPUNG — Para guru Sekolah Dasar di sejumlah daerah di Lampung Selatan, tengah mempersiapkan para siswanya guna menghadapi ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kecamatan, dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Salah-satunya, para guru di SDN 1 Klaten di Kecamatan Penengahan.

Subiyanti saat melatih siswanya melukis.

Guru pembimbing bagi siswa peserta O2SN dan FLS2N, Subiyati, mengatakan, siswa peserta  telah disiapkan dengan latihan-latihan mata pelajaran yang akan dipertandingkan, di antaranya Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). “Kami persiapkan beberapa siswa untuk mengikuti kegiatan olimpiade antar sekolah di Kecamatan Penengahan, dan setelah itu bagi yang beruntung akan diikutkan ke olimpiade tingkat kabupaten,”ungkap Subiyati, saat ditemui Cendana News di SDN 1 Klaten, Selasa (7/2/2017).

Selain untuk menghadapi O2SN, lanjut Subiyanti, para siswa tersebut juga disiapkan untuk menghadapi FLS2N Tingkat Kecamatan, yang juga akan dilanjut ke tingkat Kabupaten. Beberapa siswa yang berada dalam pembinaannya, selama ini meliputi bidang seni melukis, pidato, menari, pantomim, puisi serta olahraga lari dan renang.

Menurutnya, berbagai persiapan dan latihan juga dilakukan sepulang jam sekolah, di antaranya untuk persiapan lomba lari. Khusus untuk renang, siswa dilatih di kolam renang yang ada di Kecamatan Kalianda. Persiapan renang dilakukan di lokasi khusus, karena di sekitar sekolah tidak ada kolam renang. Bahkan, sebagian siswa berlatih di sungai.

Sejumlah piala yang pernah diraih oleh para siswa SDN 1 Klaten.

Subiyanti mengatakan, dalam persiapan lomba FLS2N Tingkat Kecamatan, beberapa siswa di SDN 1 Klaten mendapat pelatihan berupa tari sembah, tari bedana, tari tupping serta tari kreasi baru. Pelatihan seni kreasi baru tersebut dilakukan oleh salah-satu guru di sekolah yang mempersiapkan tari kreasi seni, terutama tari kreasi budaya Lampung. Selain itu, beberapa siswa juga dilatih menyanyi lagu perseorangan (solo song), khususnya lagu daerah Lampung, tari kreasi baru, pantomim, melukis, desain, musik, batik, cipta puisi, bercerita dengan bahasa Inggris, pidato, anyaman serta beberapa latihan kesenian lainnya.

Setelah diperoleh juara cabang perlombaan di tingkat kecamatan, selanjutnya para peserta  akan diikutkan dalam lomba FL2SN di tingkat Kabupaten Lampung Selatan, pada Maret mendatang. Selain itu, lanjut Subiyanti, persiapan juga dilakukan untuk mempertahankan prestasi yang selama ini telah ditorehkan oleh siswa-siswa SDN 1 Klaten di ajang O2SN dan FL2SN tahun sebelumnya. “Beberapa prestasi siswa SDN 1 Klaten di antaranya di bidang Matematika, IPA serta beberapa kegiatan olahraga lain seperti renang dan atletik,” pungkasnya.

Jurnalis: Henk Widi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Henk Widi

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.