Sejarawan: Asal Usul Soto Padang Memiliki Dimensi Cerita

MINGGU, 19 FEBRUARI 2017

PADANG — Sejarawan Indonesia yang juga seorang dosen di Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat, Mestika Zed mengakui tidak mengetahui pasti soal sejarah kuliner Soto Padang.

Soto Padang

Ia menyebutkan, asal usul sebuah kuliner memang sulit untuk dijelaskan, entah kapan kuliner itu ada, siapa yang pertama kali membuatnya, dimana daerahnya pertama kali dijual di Sumbar, pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan sulit untuk dijelaskan. Begitu juga dengan Soto Padang, yang saat ini tidak diketahui siapa yang pertama kali membuatnya.

“Soal sejarah kuliner ini memiliki dimensi cerita, jadi tidak bisa dipastikan kebenarannya,” kata Mestika Zed, saat dihubungi Cendana News, Minggu (19/2/2017).

Ia memperkirakan, Soto Padang hadir di bumi Minangkabau ini dari sekelompok orang yang datang luar dari Sumatera Barat. Hal ini mengingat kuliner soto juga ada di beberapa daerah di Indonesia.

“Saya benar-benar minta maaf, karena tidak bisa menjelaskan asal usul Soto Padang tersebut, apalagi soal kuliner,” tutupnya.

Setelah ditelusuri di sejumlah buku terkait masakan Padang dan juga di internet, ternyata juga tidak ditemukan sejarah atau asal usul adanya Soto Padang.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto: Muhammad Noli Hendra

Komentar