Sinergi Damandiri, KKP, dan Universitas Trilogi untuk Desa Lestari

122
KAMIS, 2 FEBRUARI 2017

JAKARTA — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Ketua Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaja terlihat antusias dengan masa depan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Yayasan Damandiri, Universitas Trilogi Jakarta dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meneruskan pemberdayaan wilayah pesisir Indonesia.

Subiakto Tjakrawerdaja (ujung kanan) sebelum penandatanganan MoU.

Antusias yang dimaksudkan bukan sekadar antusias dapat membayar kepercayaan pemerintah dengan hasil kerja nyata, akan tetapi juga antusiasme bahwa MoU ketiganya merupakan kunci membuka pintu keberhasilan untuk mewujudkan Program Desa Lestari yang sudah dipersiapkan Yayasan Damandiri.

“Desa Lestari itu maksudnya desa sejahtera berkelanjutan. Untuk mencapainya memang butuh program pemberdayaan terstruktur serta terukur hasilnya. Kami yakin berhasil mewujudkan Desa Lestari ke depan,” kata Subiakto saat ditemui Cendana News seusai penandatanganan MoU di The Sultan Hotel Residence, Kamis (2/2/2017).

Langkah pertama adalah menyempurnakan Desa Cemara di Indramayu sebagai contoh awal Desa Lestari. Setelah itu, bersama Universitas Trilogi, akan melanjutkan langkah pemberdayaan dengan merambah ke setiap wilayah pesisir Indonesia sampai pulau-pulau terpencil Nusantara. Empat aspek pemberdayaan Yayasan Damandiri seperti pendidikan, kesehatan, wirausaha dan lingkungan akan diteruskan gaungnya sampai ke pelosok Nusantara.

“Artinya ini sebuah langkah besar. Damandiri sudah siap untuk melakukannya. Universitas Trilogi akan memberi seluruh sumber daya terbaik untuk riset pemberdayaan dan pengabdian masyarakat dalam mendukung kami,” imbuhnya.

Karena ditujukan bagi wilayah pesisir, otomatis desa-desa nelayan adalah fokus program pemberdayaan Damandiri. Masyarakat akan diedukasi untuk mengedepankan semangat gotong-royong secara berkelompok menuju kesejahteraan. Tingkat kesehatan, pendidikan maupun pelestarian lingkungan desa pesisir sampai pulau-pulau terpencil menjadi langkah awal.

“Setelah semuanya tertata dengan baik, kami akan melengkapi masyarakat di sana dengan Tabungan Kredit Pundi Sejahtera atau Tabur Puja. Dengan demikian, masyarakat bisa mandiri ke depannya, menjadi Desa Lestari,” pungkas Subiakto.

Gerak maju Damandiri massif untuk memberdayakan sekaligus mensejahterakan masyarakat. Damandiri memiliki konsep kuat yang tidak dimiliki oleh lembaga mana pun dalam hal mensejahterakan masyarakat. Untuk mensukseskan usahanya, Damandiri juga kerap bersinergi dengan pemerintah.

Subiakto Tjakrawerdaja.

Perjanjian kerja sama antara Yayasan Damandiri, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Universitas Trilogi merupakan wujud sinergi Damandiri untuk mewujudkan Desa Lestari di Indonesia.

Jurnalis: Miechell Koagouw / Editor: Satmoko / Foto: Miechell Koagouw

Baca Juga
Lihat juga...