Sosialisasi Pansus RUU Pemilu, Serap Aspirasi Daerah

140

JUMAT, 10 FEBRUARI 2017

BALIKPAPAN — Untuk menyerap aspirasi daerah di wilayah Kalimantan Timur, anggota panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu menggelar kegiatan penyerapan aspirasi hari ini (10/2/2017) di Balikpapan. Pertemuan mendengarkan suara daerah itu dari seluruh stake holder baik dari parpol, DPRD, KPUD Provinsi, KPID, Pemerintah Provinsi Kaltim, Kejati, TNI/Polri, Perguruan Tinggi, dan Panwas.

Acara penyerapan aspirasi di wilayah Kaltim.

Dalam penyerapan aspirasi tersebut, anggota pansus RUU Pemilu, Hetifah, mengatakan, draft RUU Pemilu yang diusulkan pemerintah pusat awalnya 8 kursi DPR RI untuk Kaltim, direvisi dan diusulkan menjadi 5 kursi. Sedangkan tiga kursi diusulkan untuk DPR RI dapil Kaltara.

“Kami tetap minta ke pemerintah agar Kaltim tetap memperoleh 8 kursi dan Kaltara diberikan alokasi sendiri sebagai satu provinsi yang luas dan dekat perbatasan,” jelasnya, saat kegiatan penyerapan aspirasi daerah, Jumat sore (10/2/2017).

Menurutnya, sebagai provinsi baru, perlu diberikan pertimbangan cakupan wilayah yang ada. Ini menjadi masukan yang sangat penting. RUU Pemilu ini dalam waktu dekat akan dibahas secara intensif di dalam pansus RUU Pemilu.

Hal yang sama diungkapkan Ketua RUU Pansus Pemilu, Reza Patria. Dikatakannya, penyerapan aspirasi ini akan menjadi energi baru bagi pansus dan kompilasi yang disusun.

“Insha Allah masukan dari masyarakat seluruh Indonesia termasuk Kaltim dan Kaltara terhadap isu-isu Pemilu kita tampung dan tindaklanjuti,” tandasnya.

Reza menambahkan, yang dibuat pemerintah dengan berbagai aspek tentang pembagian jumlah kursi Kaltim dan Kaltara tetap baru sebatas usulan yang tentunya masih perlu dibahas lebih mendalam lagi.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Baca Juga
Lihat juga...