Soto Padang Beras Solok Ditambah Rabu Daging, Lezat!

539

SABTU, 18 FEBRUARI 2017

PADANG — Kota Padang, Sumatera Barat, mungkin bagi Anda yang mengenal daerah itu, maka akan terpikir soal sambal rendang dan sate padang nya. Namun, Padang ternyata masih menyimpan kuliner-kuliner enak lainnya, yakni Soto Padang.

Soto Rabu Daging Milil Soto Wan

Kuliner soto ini tidak hanya ada di Padang, tapi diberbagai daerah di Indonesia juga ada kuliner sotonya, hanya saja memiliki racikan atau campuran isi soto yang berbeda.  Seperti hal nya Soto Wan yang terletak di Jalan Sudirman, Salido, Kabupaten Pesisir Selatan. Di Soto Wan menjual soto yang tak kalah lezatnya dengan rasa soto lainnya.

Wan, pemilik rumah makan soto menceritakan, soto miliknya secara bumbu mungkin tidak jauh berbeda dengan soto pada biasanya, yakni sambal, bawang putih halus, daun salam, daun kunyit, daun jeruk, batang serai, lengkuas, daun bawang, cengkeh dan bahan rempah-rempah lainnya.

Namun, dengan bangga Wan menyebutkan, bumbu boleh sama, tapi rasa lebih lezat ditambah daging sapi yang masih baru dimasak. Ada yang lebih enak, yakni untuk setiap mangkok soto diberi rabu daging (daging perut sapi).

“Kalau di masakan soto lainnya, hanya di kasih daging, ada daging ayam dan daging sapi. Tapi di soto saya ini ditambah rabu dagingnya,” katanya, sambil menyajikan pesanan soto dari pembeli, Sabtu (18/2/2017).

Suasana di dalam rumah makan Soto Wan tengah ramai pengunjung

Soto milik Wan sudah tidak asing bagi masyarakat di Pesisir Selatan, karena Soto Wan sudah ada sejak tahun 1991 lalu. Awal berdirinya Soto Wan hanya melalui warung-warung kecil yang berdiri tak jauh dari tempat yang sekarang.

Pelanggan yang datang rumah makan Soto Wan tidak hanya di kalangan masyarakat biasa, tapi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bupati sudah menjadi langganan Soto Wan.

“Di sini selalu ramai, apalagi di waktu pagi. Karena saya sudah buka dari pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. Soto saya ini sudah sering menjadi makanan hidangan di acara resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan,” kata Wan.

Selain rasanya yang enak dicampur rabu daging sapi, nasi yang disajikan juga nasi yang dengan rasa paling enak, yaitu dari beras solok. Kuah soto yang enak, dicampur dengan nasi beras solok, menjadikan Soto Wan makanan yang paling disukai oleh para pelanggannya.

Di rumah makan Soto Wan ini hanya menyajikan soto saja, tanpa ada jenis makanan lainnya. Namun hidangan di meja makan, akan menemui kurupuk jangek (kulit) dan telur asin.

Salah seorang pelanggan Soto Wan, Isfilidih, PNS dari Dinas Pariwata Pemkab Pesisir Selatan mengatakan, rasa Soto Wan memang beda dengan rasa soto yang lainnya. Apalagi, harganya cukup terjangkau, yakni Rp17.000 per porsi.

“Soto Wan ini daging sapinya lembut saat dikunyah. Nah, yang paling istimewanya, ada rabu daging, rasanya benar-benar enak di lidah,” ujar Isfilidih.

Soto Rabu Daging Milil Soto Wan

Keberadaan Soto Wan sangat dekat dengan dua objek wisata di Pesisir Selatan yang disebut daerah sejuta pesona dengan wisata Pantai Carocoknya dan baru-baru ini Wisata Mandeh. Khusus untuk Pantai Carocok, dari Soto Wan hanya berjarak tak sampai 1 km. Sementara dari Wisata Mandeh ke Soto Wan sekira 5 km.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto: Muhammad Noli Hendra

Baca Juga
Lihat juga...