Tabur Puja Damandiri Terapkan Menabung untuk Seleksi Calon Anggota

54

KAMIS, 16 FEBRUARI 2017

JAKARTA — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Sudah ada beberapa contoh kegiatan menabung secara sukarela dari anggota Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) Damandiri di wilayah Rawa Simprug. Kejadian ini ternyata merupakan kebijakan internal pengurus Tabur Puja Posdaya Kenanga Simprug, dengan sepengetahuan manajemen Tabur Puja melalui Asisten Kredit yang bertugas di sana.

 Kiri ke kanan: Ketua Posdaya Kenanga Simprug, Emmy Aznulleily, AK
Tabur Puja Ozy Arrianza, dan Ketua Posdaya Bougenville Intan Nuraini.

Sistem simpan pinjam Tabur Puja Yayasan Damandiri hanya mengenal simpanan wajib dan sukarela anggota yang diserahkan kepada petugas bersamaan dengan pembayaran cicilan pinjaman. Kali ini apa yang diterapkan pengurus Posdaya Kenanga Simprug agak berbeda, yaitu tabungan sukarela dari anggota yang masih dalam antrian pinjaman modal usaha Tabur Puja.

Penyebab terjadinya antrian pinjaman di Posdaya Kenanga Simprug karena batas perputaran dana Tabur Puja sudah mencapai Rp 200 Juta. Sebagai salah satu Posdaya yang masuk program pembinaan untuk Program Posdaya Tabur Puja Mandiri sejak akhir 2016, Kenanga Simprug harus memiliki perputaran keuntungan dari setoran cicilan maupun simpanan anggota jika ingin menambah jumlah dana yang ingin dikelola (di atas Rp 200 juta).

“Dalam konteks Tabur Puja, Posdaya itu ibarat rekanan yang mengelola dana Tabur Puja, jadi mereka tunduk pada aturan yang dibuat oleh manajemen. Ada hitungannya untuk menambah jumlah dana yang ingin dikelola oleh Posdaya bersangkutan, dan indikator yang digunakan adalah melalui berapa besar keuntungan Tabur Puja masing-masing Posdaya beserta tabungan sukarela maupun tabungan wajib dari para anggotanya,” terang Asisten Kredit (AK) Tabur Puja Damandiri, Posdaya Kenanga Simprug, Ozy Arrianza kepada Cendana News.

Ozy juga melengkapi, bahwa pada dasarnya koperasi melayani simpan pinjam, jadi langkah Posdaya Kenanga Simprug tidak menyalahi aturan apapun. “Justru ada sisi positif, yaitu meningkatkan perputaran dana tabungan sukarela anggota yang masuk serta mengedukasi masyarakat untuk gemar menabung khususnya di koperasi lewat Tabur Puja. Setahu saya baru Posdaya Kenanga Simprug yang memiliki kebijakan seperti ini,” imbuhnya.

Bagi pengurus Posdaya Kenanga Simprug, yakni Kabid Tabur Puja, Emmy Aznulleily, disamping menambah jumlah dana tabungan yang masuk, penerapan tabungan bagi anggota yang masuk daftar antrian pinjaman juga sebagai langkah awal menilai itikad baik anggota.

“Bagi kami, Tabur Puja bukan sekadar solusi pinjaman modal usaha. Tapi sebuah tempat dimana kami bisa mempersatukan masyarakat dalam satu lingkaran pemberdayaan besar yang berkelanjutan. Di sini ada sistem dana tanggung renteng, bayangkan jika anggota baru dua kali cicilan lalu macet pada cicilan ketiga? Yang menanggungnya adalah semua anggota kelompok tanggung renteng,” Emmy mengawali penjelasannya.

Sehingga, lanjut Emmy, ia merasa perlu melihat kesungguhan hati seseorang untuk bergabung dengan Tabur Puja. Kesungguhan hati dalam arti tidak sekadar berbaik saja di depan karena ingin mendapatkan pinjaman, tapi mau masuk ke dalam lingkaran pemberdayaan yang disebutkan Emmy.

“Intinya menyaring anggota terbaik. Saya tidak tahu di tempat lain seperti apa, tapi untuk Tabur Puja Posdaya Kenanga Simprug adalah seperti ini. Jika calon anggota tidak berkenan diedukasi menabung sambil menunggu antrian pinjaman, bisa mencari tempat lain. Coba saja cari tempat mana yang mengeluarkan pinjaman uang dua sampai lima juta rupiah dengan bunga satu koma lima persen tanpa agunan? Hanya di Tabur Puja,” tegas Emmy memungkasi keterangannya.

Sejauh ini usaha maupun edukasi pengurus Posdaya cukup berhasil mengarahkan warga atau anggota Tabur Puja untuk kegiatan simpan pinjam. Bahkan ada seorang anggota Tabur Puja bernama Farida, sudah beberapa putaran Tabur Puja belakangan ini hanya untuk menabung.

Jurnalis: Miechell Koagouw / Editor: Satmoko / Foto: Miechell Koagouw

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.