Tarif Air PDAM di Balikpapan akan Dinaikkan

SENIN, 13 FEBRUARI 2017

BALIKPAPAN — Rencana kenaikan tarif air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Balikpapan, masih dalam proses perhitungan. Pasalnya, proses penghitungan sendiri, dilakukan tidak hanya oleh pihak PDAM, namun juga melibatkan Pemerintah Kota.

Dirut PDAM Tirta Manggar, Haidir Effendi

Direktur Utama PDAM Tirta Manggar, Haidir Effendi, mengungkapkan, kenaikan tarif air PDAM harus dilakukan karena harga bahan bakar minyak, listrik dan inflasi mengalami kenaikan lebih dahulu, sehingga berdampak pada biaya produksi. “Barang modal kita sekarang sudah naik, akibat tarif lainnya seperti listrik yang naik,” katanya, Senin (13/2/2017).

Menurutnya, proses perhitungan kenaikan tarif masih dihitung terus, agar tidak memberatkan konsumen, khususnya besaran kenaikan tarifnya. “Mungkin kali naik di bawah sepuluh persen, Pak Wali sedang menghitung, karena kenaikan tarif harus persetujuan Pemkot,” sebutnya.

Diketahui, PDAM baru dapat melayani 76 persen dari 600.000 penduduk Balikpapan, dengan 95.500 sambunan. Haidir menambahkan, kemampuan produksi PDAM saat ini hanya 1.200 liter per detik. Idealnya, PDAM menyediakan 1.800 liter per detik. Pada 2016 lalu, PDAM berhasil melayani 3.000 sambungan baru. Sedangkan daftar tunggu pelayanan mencapai 1.900.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ferry Cahyanti

Komentar