Terapkan KTL, Parkir Kendaraan Sembarangan Ditindak Petugas

109

KAMIS, 9 FEBRUARI 2017

BALIKPAPAN — Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kepolisian Balikpapan diminta menindak bagi masyarakat yang parkir kendaraannya di sembarang tempat di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL). Hal itu disampaikan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, saat peresmian gedung parkir Klandasan, Kamis (9/2/2017).
Suasana peresmian Gedung Parkir Klandasan Balikpapan.
Menurutnya, dengan tersedianya gedung parkir harus dimanfaatkan masyarakat untuk parkir kendaraannya, khususnya saat berada di kawasan jalan Jenderal Sudirman yang merupakan kawasan tertib lalu lintas. 
“Tidak ada lagi parkir di pinggir jalan atau badan jalan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas. Masyarakat sudah harus tertib, mohon Pak Kapolres bisa menertibkan sepanjang Jalan Sudirman,” ucapnya saat peresmian gedung parkir Klandasan. 
Gedung parkir Klandasan mulai hari ini sudah beroperasi dan masyarakat pengguna kendaraan roda dua dan empat sudah dapat menggunakannya. Bahkan dalam satu bulan ini belum dikenakan tarif parkir. Selanjutnya, tarif parkir flet yakni kendaraan roda empat Rp 4000 dan kendaraan roda dua Rp 1000.
Rizal mengatakan, selama enam bulan ini tidak dipatok target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir gedung Klandasan. 
“Yang penting ditata dulu agar lebih tertib,” tandasnya. 
Sementara itu, pada bagian lantai 8 ruang pertemuan di gedung parkir seluas 1.040 meter persegi akan dibagi dua dengan arena bermain bowling. 

“Pemanfaatan ruang harus lebih maksimal, termasuk di lantai bawah apakah akan dibuat kuliner atau Dekranasda,” tambahnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Baca Juga
Lihat juga...