Tim Apraisal Tetapkan Harga Ganti Rugi Tanah Waduk Napun Gete Sikka

150

KAMIS, 2 FEBRUARI 2017

MAUMERE — Tim apraisal atau penilai sudah menetapkan harga ganti rugi tanah dan tanaman yang ada di Desa Ilinmedo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka yang menjadi lokasi dibangunnya waduk Napun Gete.

 Lokasi jalan masuk ke Waduk Napun Gete yang sudah digusur.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Pengukuran dan Pemetaan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kabupaten Sikka, Abel Asa Mau, SsiT, saat ditemui Cendana News di kantornya, Kamis (2/2/2017).

Dikatakan Abel, proses pembebasan lahan sudah diserahkan tim apraisal. Harga tanah dan tanaman sudah ditentukan dan hasilnya diserahkan kepada ketua pelaksana pengadaan tanah.

“Tim BPN Sikka sudah turun ke lokasi hari Selasa 31 Januari 2017 dan sudah menyampaikan harga pembebasan tanah tersebut di hadapan masyarakat dan pemerintah serta DPRD Sikka,” ujarnya.

Pada awalnya, lanjut Abel, warga sempat keberatan sebab harga tanah yang dinilai tim apraisal sangat rendah. Namun BPN Sikka menyampaikan, harga tanah tersebut dinilai berdasarkan wawancara langsung dan  survei ke lokasi. Dengan demikian, lanjutnya, harga tanah yang ditetapkan sudah melalui tahapan yang profesional. Untuk menghindari protes dari masyarakat pihaknya membacakan pernyataan dari tim apraisal. Salah satu poinnya, tim apraisal tidak dapat diintervensi siapa pun.

“Data-data tersebut diserahkan kepada Ketua DPRD Sikka dan Plt Kadis Pekerjaan Umum Sikka disaksikan semua warga yang memiliki lahan,” ungkapnya.

Amel menjelaskan, warga pun sudah sepakat menerima harga ganti rugi lahan tersebut yang akan dibayarkan melalui dana APBD Kabupaten Sikka sehingga dengan demikian proses pembangunan dapat segera berlanjut.

Kepala Seksi Pengukuran dan Pemetaan, Badan Pertanahan Nasional, Kabupaten Sikka, Abel Asa Mau, SsiT.

“Pertemuan sempat tegang, dua kali warga tidak mau menerima harga yang ditawarkan, namun setelah dijelaskan mereka pun paham dan menerimanya,” pungkasnya.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto: Ebed de Rosary

Baca Juga
Lihat juga...