Tuna Netra di Jayapura pun Antusias Mencoblos

RABU, 15 FEBRUARI 2017

JAYAPURA — Tak mau masuk golongan putih (golput), para tuna netra dari Yayasan Humania berbondong-bondong menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) 14, di RT 01, RW 07, Kelurahan Ardipura, Kecamatan Jayapura Selatan, Rabu (15/02/2017). Sebanyak dua puluhan tuna netra itu satu persatu datang didampingi keluarganya masing-masing.

Seorang tuna netra didampingi kerabat saat mencoblos di Bilik Suara

Sebagain besar tuna netra berusia antara 20-40 tahun, didampingi secara khusus oleh sanak saudaranya, dengan cara digandeng tangannya dan diarahkan ke tempat duduk yang telah disediakan di TPS. Setiba di area TPS, tuna netra ini disambut petugas untuk pencocokan undangan Pemilu, selanjutnya diarahkan mengambil Surat Suara. Petugas terus mendampingi mereka hingga ke Bilik Suara dan memberikan instruksi sebagaimana yang ada di dalam Surat Suara tersebut. “Mereka sudah biasa mencoblos setiap ada Pemilu, jadi sangat mudah diarahkan. Cukup disebut saja apa yang ada di dalam Surat Suara, dan mereka bisa dengan mudah mencoblos dengan bantuan saya di samping,” kata Jackson, pendamping tuna netra.

Karter, salah-satu petugas TPS mengaku, masyarakat sudah mulai berdatangan untuk mencoblos begitu TPS mulai dibuka. “Memang Pilkada tahun ini di Kota Jayapura hanya calon tunggal, tapi antusias masyarakat tetap banyak, sama seperti pemilihan lima tahun lalu,” kata Karter.

Seorang tuna netra digandeng menuju Bilik Suara.

Demokrasi tak terhambat walaupun hujan mengguyur wilayah Kota Jayapura terlebih di TPS 14 dengan toral DPT 730 orang, terbagi dari perempuan 337 orang dan laki-laki 393 orang. Petugas TPS melaksanakan tugasnya dan dikawal 2 Linmas serta 1 Polisi.

Sementara di TPS 17 Kecamatan dan Kelurahan yang sama, DPT berjumlah 404, dengan rincian laki-laki sebanyak 219 orang, perempuan 185 orang, Surat Suara 415 lembar. Di dalam Daftar Nama DPT terdapat nama Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, tertera di papan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namun hingga berita ini diturunkan, Lukas Enembe belum tampak hadir di TPS tersebut.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Indrayadi T Hatta

Komentar