UN 2017, Sejumlah Sekolah di Sumbar Masih Gunakan Sistem UN Berbasis Kertas

SENIN, 20 FEBRUARI 2017

PADANG — Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, menyatakan, sejumlah sekolah di wilayahnya masih ada yang melaksanakan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas, pada April 2017, mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Burhasman Bur

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman Bur, penyebab masih diberlakukannya UN berbasis kertas dan belum bisa secara keseluruhan melaksanan UN Berbasis Komputer (UNBK), karena terkendala peratatan seperti komputer pada setiap sekolah. “Di Sumbar, untuk daerah yang secara keseluruhan melaksanakan UNBK tahun ini, yaitu Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang. Sementara di daerah lainnya hanya sebagian kecil saja yang melaksanakan UNBK,” ujarnya, Senin (20/2/2017).

Ia menjelaskan, cara yang dilakukan untuk sekolah di daerah yang tetap melaksanakan UNBK 2017 ini, Dinas Pendidikan Sumbar mengambil langkah sistem lintas jenjang.  Untuk itu bagi dua daerah tersebut, tidak melaksanakan sistem lintas jenjang tersebut. Sistem lintas jenjang itu seperti bagi sekolah yang lokasinya berdekatan dengan sekolah yang memiliki fasilitas untuk melaksanakan UNBK 2017, dengan jadwal ujian berbeda.

“Misalnya, Sekolah A tidak memiliki fasilitas untuk melaksanakan UNBK, tapi Sekolah B memiliki fasilitas untuk melaksanakan UNBK. Maka, Sekolah A akan melaksakan UNBK ke Sekolah B dengan jadwal yang berbeda,” paparnya.

Ia menyatakan pula, dengan sistem lintas jenjang tersebut, dari catatan Dinas Pendidikan Sumbar, dari seluruh sekolah yang akan melaksanakan ujian nasional ada sebanyak 507 sekolah, dan dengan adanya sistem sekolah tersebut, bisa menampung 246 sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer. Sementara itu, peserta UNBK 2017 di Sumbar berjumlah 64.748 siswa, terdiri dari SMA/MA sebanyak 22.746 siswa, SMK sebanyak 18.978 dan SMP/MTs sebanyak 23.024 siswa.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Muhammad Noli Hendra

Komentar