Universitas Pancasila Gerakkan Posdaya Binaan Damandiri Ikut Pelatihan

JUMAT, 17 FEBRUARI 2017

JAKARTA — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Ketua LPPM Universitas Pancasila, Dra. Hj. Dewi Trirahayu MM, melalui staf ahlinya, Farida Yusni N, SH, menjelaskan singkat bahwa Posdaya binaan mereka akan berpartisipasi mengikuti pelatihan, baik untuk pembuatan proposal bisnis maupun laporan keuangan, yang digagas LPPM Universitas Trilogi, Jakarta.

Farida Yusni N, SH.

“Tercatat sudah beberapa yang mengkonfirmasi kehadiran, di antaranya Posdaya Durian, Apel 3, Sirsak dan Kenanga Simprug,” sebut Farida Yusni kepada Cendana News, Kamis (16/02/2017).

Animo para pengurus Posdaya juga sangat besar untuk dua jenis pelatihan tersebut. Contohnya, Emmy Aznulleily dan Intan Nuraini, masing-masing dari Posdaya Kenanga Simprug dan Bougenville. Keduanya sangat antusias bahwa pelatihan tersebut bisa meningkatkan kemampuan atau skill administrasi pengolahan data maupun keuangan pengurus ke depan.

“Kami sudah konfirmasi kehadiran dan siap untuk pelatihan. Pelatihan seperti ini memang kami tunggu agar kami bisa lebih baik lagi dalam menata administrasi internal Posdaya baik untuk olah data maupun keuangan Tabungan Kredit Pundi Sejahtera atau Tabur Puja,” terang Emmy.

Sedangkan bagi LPPM Universitas Pancasila, pelatihan yang diadakan rekan LPPM dari Universitas Trilogi adalah wujud sinergi pembinaan bagi seluruh Posdaya binaan mereka berdua. Karena tanpa sinergi yang kuat, tidak mungkin sebuah program pemberdayaan dapat berjalan dengan baik untuk menyentuh semua sisi kehidupan masyarakat.

“Pembinaan berkelanjutan seperti ini sangat baik dan positif bagi perkembangan Posdaya ke depan,” imbuhnya.

Untuk pelatihan yang akan diadakan nanti, ternyata bukan sebatas tata kelola keuangan dan pembuatan proposal bisnis semata, melainkan juga pelatihan budi daya. Posdaya binaan LPPM Universitas Pancasila sejauh ini masih mengirimkan konfirmasi kehadiran untuk mengikuti tiga program pelatihan pemberdayaan tersebut.

Menurut Farida, selain pelatihan meningkatkan kemampuan pengurus dalam mengelola Posdaya, pelatihan yang diikuti Posdaya binaannya kelak menjadi pencerahan baru untuk mensukseskan program-program Posdaya Tabur Puja Mandiri yang sudah diluncurkan Yayasan Damandiri akhir 2016.

“Agar semua Posdaya baik binaan Universitas Pancasila maupun Universitas Trilogi bisa lebih maju lagi dan pengurusnya dapat menginspirasi para anggota dengan lebih baik lagi. Itu kiranya tujuan mengikutsertakan Posdaya binaan kami dalam pembinaan bersinergi 22 Februari mendatang,” pungkas Farida.

Jurnalis: Miechell Koagouw / Editor: Satmoko / Foto: Miechell Koagouw

Komentar