Universitas Trilogi Gagas Ragam Pelatihan bagi Posdaya Binaan Damandiri

288

JUMAT, 17 FEBRUARI 2017

JAKARTA — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Pos Pemberdayaan Keluarga atau disingkat Posdaya adalah bentuk penerapan program pemberdayaan masyarakat dari Yayasan Damandiri. Satu Posdaya merekat di setiap Rukun Warga (RW). Cakupan kegiatan dan keanggotaan Posdaya tersebut otomatis berada di lingkungan Rukun Tetangga (RT) di bawah RW bersangkutan.

Kampus Universitas Trilogi. Insert: Dra. Andrie Indriawaty, M. Si.

Pembinaan berkelanjutan dari masing-masing Posdaya ditangani  Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) sebuah perguruan tinggi. Untuk wilayah DKI Jakarta, ada dua LPPM yang memegang peranan penting dalam kelahiran maupun pembinaan Posdaya, yaitu Universitas Pancasila dan Universitas Trilogi.

Salah satu bentuk pembinaan berkelanjutan LPPM terhadap Posdaya untuk periode Februari 2017 adalah Pelatihan bagi Posdaya binaan dalam rangka Dies Natalis Ke-4 Universitas Trilogi, Jakarta. Pendaftaran peserta pelatihan yang diadakan pada 22 Februari 2017 mendatang mulai dibuka sejak 9-17 Februari 2017 bagi seluruh Posdaya binaan Yayasan Damandiri.

Dua jenis prodi atau pelatihan yang diadakan bagi para pengurus Posdaya binaan adalah pelatihan penyusunan laporan keuangan untuk organisasi kemasyarakatan dan nirlaba, serta pelatihan pembuatan proposal bisnis untuk menjadi wirausahawan sukses. Prodi sedianya akan diikuti oleh Posdaya binaan LPPM Universitas Trilogi dan Universitas Pancasila.

Ketua Tim Pembina Posdaya, Dra. Andrie Indriawaty, M.Si., memberikan konfirmasi positif mengenai acara tersebut. Tidak ada perubahan tanggal maupun waktunya. “Waktu pelaksanaan positif 22 Februari 2017, pukul 08.30-14.00 WIB, mengambil tempat di Kampus Universitas Trilogi, Jakarta Selatan,” sebut organisator pemberdayaan masyarakat yang akrab disapa Indri ini kepada Cendana News, Jumat (17/0 /2017).

Sesuai data internal LPPM Universitas Trilogi, ada tiga jenis pelatihan yang akan mereka adakan, yakni pelatihan laporan keuangan, pelatihan penyusunan proposal bisnis dan pelatihan sektor perikanan untuk budi daya.

“Sampai hari ini, sesuai nama pengurus yang didaftarkan, untuk pelatihan pembuatan laporan keuangan baru positif diikuti 21 Posdaya, pelatihan membuat proposal bisnis 21 posdaya dan pelatihan perikanan untuk budi daya 2 Posdaya. Masih ada Posdaya yang belum konfirmasi nama pengurus, masih ada waktu sampai tengah malam nanti,” pungkas Indri.

Mengenai pelatihan perikanan yang dilakukan minggu depan, Ketua LPPM Universitas Trilogi, Dr. M. Rizal Taufikurohman, menekankan, pelatihan tersebut sangat penting untuk memberikan keahlian budi daya bagi Posdaya dengan wilayah yang memang sangat memungkinkan untuk perikanan budi daya.

“Pelatihan yang kami berikan pada 22 Februari mendatang langsung pada praktik budi daya,” sebut Ketua LPPM Universitas Trilogi yang karib disapa Rizal ini ketika dihubungi Cendana News, Jumat (17/02/2017).

Selain berasal dari Posdaya binaan LPPM Universitas Trilogi, peserta yang mengikuti pelatihan juga berasal dari Posdaya binaan LPPM Universitas Pancasila. Sinergi dua civitas akademika ini berangkat dari satu pandangan umum bahwa kegiatan pemberdayaan dengan sinergi penanganan yang baik serta didukung sumber daya intelektual mumpuni, kelak berbuah manis bagi masyarakat.

Disamping kegiatan pelatihan, momentum 22 Februari mendatang dijadikan pula sebagai media silaturahmi pengurus Posdaya dari berbagai wilayah DKI Jakarta, sekalian diisi lomba edukatif yang sudah disiapkan panitia.

Jurnalis: Miechell Koagouw / Editor: Satmoko / Foto: Miechell Koagouw

Baca Juga
Lihat juga...