Yosi Saiful, Tekuni Usaha Clothing All Right

34

KAMIS, 2 FEBRUARI 2017

MALANG — Memiliki usaha sendiri di usia muda tentu menjadi impian banyak orang dan usaha clothing line menjadi salah satu peluang bisnis yang kini banyak dilirik dan diminati masyarakat terutama para remaja. Berawal dari kegemarannya menggambar dan mendesain sesuatu, Yosi Saiful, salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Asia Malang, sudah mulai menekuni usaha clothing sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Yosi Saiful menunjukkan produk usahanya yang khas desain dan warnanya.

“Mulanya usaha clothing ini sudah berdiri sejak empat tahun yang lalu, namun sempat vakum selama satu tahun dan kemudian sekarang mulai saya tekuni lagi,” jelas Yosi saat ditemui Cendana News dalam pameran Sikart, Kamis (2/2/2017).

Dengan mengusung nama All Right, Yosi terus menawarkan produknya tersebut kepada masyarakat melalui media sosial. Ia pun hanya menggunakan pilihan warna kaos hitam dan putih sebagai ciri khas All Right. Selain itu, Yosi sengaja menerapkan desain yang simpel dan tidak terlalu ramai sebagai ciri khas produknya.

“Kebetulan saya suka mengenakan kaos warna hitam dan putih dengan desain yang simpel, jadi sekalian saja saya gunakan sebagai ciri khas produk All Right,” tuturnya. Saat ini ia menjual kaos produk All Right dengan harga Rp 75.000 untuk semua ukuran.

Meskipun hanya menggunakan desain yang simpel, Yosi mengaku terus memperbanyak referensi desain dan mengikuti perkembangan model maupun desain yang sekarang menjadi tren di kalangan masyarakat. Namun Yosi menampik jika dengan cara seperti itu dirinya dianggap ikut-ikutan karena dia tetap menggunakan desain sesuai dengan ide dan kreativitasnya.

Menurut Yosi, sekarang tidak hanya dirinya yang sedang menekuni usaha clothing, tetapi teman-temannya juga ada beberapa yang menggeluti usaha yang sama dengan dirinya. Namun begitu, ia mengaku, tidak terlalu mencemaskan hal tersebut karena ia tetap akan bersaing secara sehat.

“Setiap usaha pasti selalu ada kompetitor, tapi selama kita tetap bersaing secara sehat dan bisa mempertahankan kualitas produk, pasti semuanya akan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Lebih lanjut, diakui oleh Yosi bahwa usahanya tersebut masih belum bisa dikatakan besar karena saat ini ia masih harus fokus menyelesaikan kuliahnya. Oleh karena itu, saat ini ia hanya memproduksi kaos dan belum merambah ke produk-produk yang lain seperti usaha clothing pada umumnya.

“Selain kaos, ke depannya saya juga ingin memproduksi jaket atau topi maupun aksesoris lainnya,” pungkas mahasiswa semester lima tersebut.

Jurnalis: Agus Nurchaliq / Editor: Satmoko / Foto: Agus Nurchaliq

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.